×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tempat makan ini boleh bayar seikhlasnya atau gratis, inspiratif

View Image

0

BRILIO » Wow

5 Tempat makan ini boleh bayar seikhlasnya atau gratis, inspiratif

Bentuk kepedulian kepada sesama.

24 / 01 / 2019 20:32

Brilio.net - Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan mi ayam dengan harga murah meriah, yakni Rp 2.000 seporsi. Mi ayam memang menjadi salah satu kuliner yang begitu digemari, namun bagaimana jadinya jika mi ayam yang dijual terbilang sangat murah.

Mi ayam Rp 2.000 milik Ryan yang berada di Desa Grasak, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah itu menjadi viral dan ramai diperbincangkan. Melalui akun Facebook pribadinya, Ryan Koclok mempromosikan dagangan miliknya yang ia rintis beberapa bulan terakhir bersama sang istri.

Di balik nama yang ia berikan, tersimpan hal yang cukup menarik. Pemiliknya bernama Rika menuturkan bahwa anaknya pernah meminta uang Rp 2.000, namun karena tidak punya uang ia tidak bisa memenuhi permintaan anaknya. Sejak saat itu ia bertekad untuk membuka usaha mi ayam Rp 2.000, agar anak-anak dengan uang segitu sudah bisa makan dengan kenyang.

Kisah rumah makan yang memberikan harga murah tak hanya kali ini saja terjadi, ada beberapa rumah makan juga memberikan kemudahan untuk orang lain, ada yang bayar seikhlasnya dan ada pula yang gratis. Berikut ini beberapa rumah makan dermawan yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/1).

1. Kedai ikhlas Bandung.

Loading...

bayar seikhlasnya atau gratis istimewa

foto: Instagram/@dapurikhlas

Salah satunya adalah Kedai Dapur Ikhlas di Jalan Cihapit, Kota Bandung. Sesuai namanya, di sini para pengunjung bisa memesan makanan sepuasnya dengan membayar seikhlasnya.

Jika kamu ke sini, kamu tidak akan menemukan daftar harga untuk setiap menu makanannya. Hal ini memang sengaja dilakukan Adam Ramdhani, si pemilik warung, agar orang bisa membayar seikhlasnya tanpa ada patokan harga. Pengunjung diminta mengisi dua buah celengan di dekat meja kasir. Satu celengan untuk makanan dan satu celengan untuk donasi.

2. Warung makan karena Allah.

bayar seikhlasnya atau gratis istimewa

foto: Instagram/@makassar__info

Tak kalah mengejutkan dari kasus mi ayam Rp 2.000. Warung makan karena Allah ini juga sempat menyita perhatian masyarakat. Jika pada umumnya warung makan menyediakan makanan demi meraih keuntungan, beda halnya dengan rumah makan di Makassar ini. Foto rumah makan karena Allah ini beredar luas tahun 2018 silam, yang pertama kali diunggah oleh akun Instagram @Makassar_info.

Diketahui, warung makan karena Allah ini dibuka untuk semua golongan. Siapa saja boleh makan di sini, jika punya uang boleh bayar seikhlasnya, namun jika tidak punya uang maka digratiskan. Pemilik warung yang buka dari Senin hingga Sabtu pukul 12.00 waktu setempat itu tak merasa rugi dengan apa yang ditawarkan, karena si pemilik memang ingin membantu sesama dan ia berharap bisa membuka cabang di kota-kota lain.

Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi warung makan karena Allah ini Warung ini terletak di Jl. AP. Pettarani II No.2, Makassar.

3. Kopi Bagi Penghafal Alquran.

bayar seikhlasnya atau gratis istimewa

foto: Instagram/@yudistira_yd9kjz

Tempat ngopi satu ini akan memberikan kopi gratis bagi para hafidz Alquran. Otentik Coffee akan memberikan kopi gratis bagi para penghafal Alquran yang ingin menikmati kopi di kedai ini. tak tanggung-tanggung, kedai kopi satu ini akan memberikan kopi gratis selamanya, seumur hidup bagi mereka yang bisa menghafal Alquran.

Barista yang bekerja di kedai kopi ini tidak hanya bertugas meracik kopi yang enak, mereka juga ditugaskan untuk membuktikan bahwa para pengunjung terbukti mampu menghafal Alquran dan layak mendapatkan kopi gratis.

Jika kamu tertarik untuk mencoba kopi gratis di sini, kamu bisa langsung datang dan mintalah untuk diuji oleh barista di tempat. Minimal 36 ayat dan random akan diuji bagi para hafidz yang ingin menikmati kopi gratis selamanya di kedai kopi yang berada di ujung jalan Ipda Tut Harsono 52 Muja Muju, Umbulharjo Yogyakarta.

4. Rumah makan gratis tanpa syarat.

bayar seikhlasnya atau gratis istimewa

foto: Instagram/@rumah_makan_gratis

Rumah makan gratis tanpa syarat berada di Bogor, Jawa Barat. Pemiliknya bernama Adit ini setiap harinya menyediakan makanan gratis tersebut, menu ayam atau daging plus sayur yang selalu berganti-ganti setiap hari. Hebatnya, Adit menanggung sendiri semua biaya untuk penyediaan makanan gratis tersebut. Ia pun berharap, kedepannya rumah makan gratis yang sudah berdiri sejak 2018 itu akan terus berkembang hingga ke kota-kota lain.

Selain menyedikan makan gratis setiap harinya untuk semua orang, setiap hari Jumat Adit dan timnya melakukan pembagian sembako kepada seluruh warga kurang mampu di sekitar Desa Ciangsana, Gunung Putri, Bogor.

Ide untuk membuka rumah makan gratis ini berawal saat ia bertemu dengan seorang nenek-nenek tukang sapu di sebuah kompleks perumahan yang selalu membawa botol minuman. Selanjutnya ia juga bertemu dengan orang-orang papa lainnya yang perlu bantuan.

5. Restoran untuk fakir miskin.

bayar seikhlasnya atau gratis istimewa

foto: Liputan6.com

Berbeda dengan restoran pada umumnya, restoran milik Haji Isam, warga keturunan Irak berkewarganegaraan Australia tersebut, hanya dibuka setiap Jumat pukul 12.00 WIB hingga sore hari. Pria berusia 56 tahun tersebut membuka restoran tersebut untuk kaum fakir miskin dan tanpa meminta bayaran sepeserpun.

Restoran tersebut terkesan mewah dengan makanan lezat di dalamnya. Pengunjung yang datang langsung bisa mengambil makanan yang disajikan dengan sistem prasmanan. Rumah makan di Banyuwangi, Jawa Timur ini hanya buka setiap hari Jumat. Jika ingin menikmati makan di sini, mereka cukup menunjukkan kartu identitas yang menunjukkan nama dan alamatnya.

Restoran ini juga menyediakan makanan yang berkualias, di mana  bahan makanan yang dipilih adalah yang terbaik mulai dari daging sapi, ayam, ikan laut, dan buah-buahan segar. Hal ini dilakukan agar pelanggannya benar-benar bisa menikmati makanan yang sehat.

 







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more