Brilio.net - Musala merupakan tempat ibadah bagi umat Islam yang memiliki peran penting dalam kehidupan spiritual. Konsep musala yang ideal haruslah mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan bagi para jamaah untuk beribadah.

Musala yang juga dikenal sebagai langgar atau surau merupakan sebuah ruangan atau bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Dibandingkan dengan masjid, musala umumnya memiliki ukuran lebih kecil dan tidak memiliki mimbar. Fungsi utamanya tentu saja untuk menjalankan ibadah lima waktu, salat Jumat, bahkan tempat mengaji untuk anak-anak.

Bagi para musafir, musala dapat menjadi tempat untuk beristirahat dan menunaikan salat sebelum melanjutkan perjalanan. Kenyamanan dan kebersihan musala merupakan faktor penting untuk menghadirkan suasana yang kondusif bagi ibadah.

Selayaknya sebuah musala, tentunya akan dilengkapi tempat wudhu yang bersih, alas salat yang nyaman, dan pencahayaan yang memadai.

Menariknya, sekarang ini banyak sekali inovasi baru yang membuat siapapun merasa nyaman. Seperti halnya dengan musala yang ada di Pasar Genteng, yang diunggah oleh pemilik akun X @vemmanov,  namun tidak disebutkan nama daerahnya. Di sini konsep musalanya berjalan alias mobil musala. Seperti musala pada umumnya, di sini juga dilengkapi tempat wudhu, sandal, dan mukena untuk perempuan yang ingin beribadah.

musala berjalan X/@vemmanov

musala berjalan
X/@vemmanov

Bayangkan saja, konsep musala berjalan ini pasti menarik banyak perhatian orang sekitar dikarenakan konsepnya unik dan juga bisa diakses dimanapun dan kapanpun.
Kehadiran konsep musala berjalan ini tentu saja mengundang rasa penasaran orang.