Perjalanan Deris tentu bukanlah dari hasil santai-santai atau rebahan di kamar kos seharian. Dalam prosesnya mencari beasiswa, ia sempat ditolak beberapa kali dari sejumlah kampus negeri di Indonesia.

Sebelumnya, Deris mendapat beasiswa penuh di President University dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional. Kini dirinya memimpin mahasiswa yang berasal dari mancanegara di Universitas tempatnya belajar tersebut.

Pemuda Ciamis jadi ketua BEM columbia university Berbagai sumber

foto: Instagram/@derisnagara

Tak hanya berhasil terpilih menjadi Presiden BEM di Columbia University, rupanya Deris memiliki catatan impresif lain di bidang Internasional.

Deris juga terpilih menjadi ASEAN-Korea Youth Ambassador pada 31 Januari 2023 lalu. Dirinya juga berkesempatan melakukan presentasi dalam UN Academia Impact di Markas Besar PBB di New York.

Di forum ini, Deris menyerukan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan Indonesia, agar bisa juga diserap oleh seluruh penduduk dunia menjadi nilai multikulturalisme yang lebih universal.

Pemuda Ciamis jadi ketua BEM columbia university Berbagai sumber

foto: Instagram/@derisnagara

Ketika berbicara bagaimana bisa meraih mimpi, menurutnya, mimpi tidak hanya harus dibarengi dengan kerja keras, tapi juga berserah diri pada Tuhan.

"Kalau punya mimpi, harus kerja keras, ikhlas, berdoa, minta doa orang tua, dan berserah kepada Allah," ujar Deris Nagara.

Pemuda Ciamis jadi ketua BEM columbia university Berbagai sumber

foto: Instagram/@derisnagara

"Saya lahir dan dibesarkan dalam keluarga sederhana dengan nilai budaya Sunda yang kuat dan altruisme. Bahasa dan Budaya Sunda terkenal dengan kesopanan dalam bertutur kata lembut dan perhatian dalam mewujudkan sikap. Saya diajari nilai-nilai budaya Sunda yang beragam sesuai dengan filosofi hidupnya yaitu “Soméah Hade ka Sémah” dan “Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh” yang berarti baik hati dan saling menjaga," tandas Deris.