Brilio.net - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Di beberapa negara, pendidikan bahkan menjadi hal yang diutamakan. Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya pendidikan. Di satu sisi, faktor ekonomi seringkali menjadi akar masalahnya. Bantuan pemerintah sudah digelontorkan ke target bidang pendidikan namun kadang masih tersandung masalah birokrasi atau kendala lain.

Meski begitu, ada beberapa orang yang mempunyai tekad untuk terus mencari ilmu meski kondisi keluarganya menengah ke bawah. Hal ini juga terjadi pada seorang pemuda bernama Dzikru Rahman yang baru-baru ini videonya viral. Ia membuat sebuah video di TikTok perihal dirinya yang berhasil lolos seleksi program beasiswa.

Pemuda lolos beasiswa TikTok/@dzikru.rahman

foto: TikTok/@dzikru.rahman

Dzikru merupakan anak dari driver ojek online. Hampir setiap hari sang ayah bekerja keras menjadi driver motor di suatu perusahaan ojek online. Hubungan dirinya dan sang ayah terlihat akrab. Bahkan ketika sang ayah akan berangkat kerja, Dzikru membantu menyiapkan bekal minuman. Ia juga sering membantu merawat sekaligus membersihkan motor sang ayah.

Loading...

Ia cukup pandai dalam urusan mesin kendaraan. Hal inilah yang membuat dirinya berpikir untuk kuliah Teknik Mesin. Meski kondisi keluarganya biasa saja, semangat dan tekadnya tidak pudar. Suatu hari, sang ayah mengabari dirinya melalui pesan WhatsApp bahwa ada program beasiswa untuk anak-anak driver ojek online.

Pemuda lolos beasiswa TikTok/@dzikru.rahman

foto: TikTok/@dzikru.rahman

Kesempatan ini pun seketika diambil oleh Dzikru dengan serius. Sang ayah juga sudah mendaftarkan Dzikru di program beasiswa tersebut. Dzikru pun mengikuti serangkaian tes dan berhasil beberapa tahap seleksi. Ia terlihat sangat serius dan berharap agar dapat lolos program beasiswa yang diberikan oleh perusahaan di mana ayahnya bekerja.

Hari pengumuman pun telah tiba. Dzikru dan keluarga menanti momen tersebut. Tidak disangka, ia ternyata berhasil lolos program beasiswa tersebut. Sontak ia dan keluarganya pun menunjukkan ekspresi bahagia. Ia sangat berterimakasih kepada kedua orangtuanya yang selalu membantu dirinya. Ia bahkan berjanji untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

"Aku janji gak menyiakan kesempatan kuliah ini," tulisnya di TikTok, pada Rabu (30/9).

Pemuda lolos beasiswa TikTok/@dzikru.rahman

foto: TikTok/@dzikru.rahman

Pemuda lolos beasiswa TikTok/@dzikru.rahman

foto: TikTok/@dzikru.rahman

Seketika unggahannya pun viral dan menuai beragam komentar dari beragam warganet. Kini, video yang diunggah di akun TikTok pribadinya sudah ditonton oleh lebih dari 47 ribu ribu warganet dan mendapat lebih dari 5.000 like. Banyak dari warganet yang merasa ikut senang dan terharu saat melihat video tersebut.

@dzikru.rahman

makasih bapak, ibu. makasih juga @gojekindonesia ##fyp

Yang Terbaik Bagimu - Jangan Lupakan Ayah - Ada Band

"tiba tiba meneteskan air mata,selamat ya,semangat terus," tulis @gavaputri18.

"Gw jauh lebih support konten seperti ini yg bisa bersyukur dan berusaha," tulis @aphen_chai.

"kok aku langsung nangisss ya liat ini. gimana g sedih aku anak rantauan," tulis @silvimagg.

"selamat ya! semangat trs buat cita citanya," tulis @clarissaputrih.

"tiba tiba nangis, jadi kangen banget sama ayah," tulis @iamrizky134.