Brilio.net - Virus corona yang semakin meluas tentu memberikan banyak dampak pada kehidupan masyarakat. Bukan hanya menimbulkan krisis kesehatan saja, namun aktivitas ekonomi pun menjadi terhambat.

Kebijakan physical distancing untuk tetap beraktivitas di rumah yang diterapkan oleh pemerintah membuat masyarakat jadi enggan dan takut untuk bepergian.

Alhasil, banyak restoran yang merasakan penyusutan pelanggan. Padahal di sisi lain, kehidupan harus terus berjalan. Mirisnya situasi ini membuat pemilik restoran harus memutar otak untuk tetap menghasilkan pendapatan. Mengubah strategi dengan mengantar barang ke pelanggan secara langsung pun mulai dilakukan oleh beberapa restoran.

Uniknya di restoran Malaysia, bukan karyawan yang mengantarkan makanan sampai ke pelanggan, namun pemilik restoran pun turut serta untuk mengantarkannya langsung.

Dilansir brilio.net pada Sabtu (25/4), seorang mantan astronaut bernama Sheikh Muszaphar Shukor kini beralih profesi menjadi seorang kurir pengantar makanan untuk restorannya sendiri. Hal ini ia lakukan agar restorannya tetap bertahan di tengah pandemi virus corona.

Diketahui sebelumnya Sheikh merupakan seorang astronaut pertama di Malaysia yang pergi keluar angkasa pada 2007 lalu. Namun, pekerjaan itu sudah lama ia tinggalkan dan beralih menjadi pengusaha restoran.

Semenjak pandemi Covid-19, restoran miliknya hanya bertugas melayani pesan antar saja. Ia pun ikut serta menjadi kurir antar makanan selama satu minggu terakhir.

Dengan mengendarai sepeda motor dan membawa tas berisi makanan, ia mengantarkan pesanan pelanggan sampai ke rumahnya. Syeikh pun tampak bahagia meskipun pekerjaan tersebut sering dianggap sepele oleh orang lain.

astronot jadi kurir antar makanan instagram

foto: Instagram/@drsheikhmuszaphar



Bersama dengan Chef Ismail, ia merintis restoran rebung tersebut. Lewat akun Instagram pribadinya, ia membagikan kisah saat dulu merintis usaha restorannya.

Syeikh bercerita jika dirinya dulu merupakan seorang kurir antar makanan. Jadi, meskipun saat ini telah memiliki restoran sendiri, ia pun tak malu jika harus mengantar makanan kepada pelanggan.

"Saya ingat mengirim Lemang & Rendang & Dodol di dini hari Raya selama dua tahun terakhir. Itu adalah hari-hari," tulisnya.

Di restorannya yang sudah berdiri selama 17 tahun ini, Syeikh membeli keperluan bahan makanannya sendiri. Ia pergi sejak pukul 4 pagi untuk membeli beragam jenis seafood segar di Pasar Borong Selayang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Video - Jom Order dari Rebung ... Our Ramadhan Package for food deliveries are now open for Everyone ... Authentic Malay Food from NS , Pahang , Melaka , Kelantan & Perak is now available during these fasting months . Family Set for 5 or 10 pax is encouraged as you save more - but Ala Carte is also available . Free Delivery for above RM50 RM5-7 delivery charge to your home anything within 10 km radius . For those staying further than 10 km , you could arrange other food deliveries to collect them at Rebung . We do try to cater Everyone Salam Ramadhan semua ... And banyakkan Beribadat - InsyaAllah . Love As Always ... PS - If I do knock on your door for delivery, extra tips are encouraged - Haha #staysafe #stayhome

A post shared by Dr Sheikh Muszaphar Shukor (@drsheikhmuszaphar) on

"Saya ingat pergi ke Pasar Borong Selayang pada jam 4 pagi selama hari-hari itu membeli makanan laut segar setiap hari selama enam bulan terakhir selama kami mulai,” tambahnya.

Kini, restoran yang dirintisnya telah memiliki 80 karyawan dan telah banyak meraih banyak penghargaan sebagai makanan Melayu terbaik selama lima tahun berturut-turut.