Brilio.net - Physical distancing masih terus dilakukan masyarakat Indonesia. Kebijakan untuk menjaga jarak ini salah satunya dilakukan dengan tetap berada di rumah. Hayo, kamu sudah menjalani berapa minggu nih? Dua minggu? Atau sudah lebih dari satu bulan? Saat ini mulai banyak keluhan yang terdengar akibat bosan selama di rumah.

Physical distancing dengan berada di rumah saja mungkin pada awalnya terdengar menyenangkan, terutama untuk kamu para pekerja. Bisa mengerjakan dengan santai di rumah, dekat dengan keluarga, dan tidak perlu berangkat ke kantor jadi hal menyenangkan yang terbayangkan. Namun pada realitanya, banyak yang merasa kesusahan membagi waktu saat bekerja di rumah.

Belum lagi untuk kamu yang sudah memiliki momongan, pasti tidak mudah untuk mengatur konsentrasi. Anak-anak yang juga harus belajar di rumah pasti juga membutuhkan bantuan dan perhatian dari orangtua setiap saat. Maka kamu perlu lebih sabar dan tenang ketika mengatasi situasi ini. Karena ketika kamu panik, justru momen physical distancing akan jadi membosankan. Selain itu kamu akan merasa uring-uringan seharian.

Sabar, tenang dulu ya. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat dari physical distancing yang sering kali kamu nggak sadari lho. Mulai dari manfaat kesehatan fisik, mental, sampai finansial bisa kamu rasakan selama physical distancing.

Nah, coba kita ulik yuk, ada apa saja manfaat physical distancing yang bisa kamu dapatkan. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/4), berikut beberapa manfaat physical distancing yang nggak kamu sadari.

Loading...

1. Meminimalisir penyebaran virus corona.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ya, tentu saja dengan melakukan physical distancing kamu bisa menekan angka pasien Covid-19. Dengan berada di rumah, kamu akan terhindar dari bertemu orang lain yang tidak kamu ketahui apakah ia membawa virus atau tidak.

Seperti yang kamu tahu, virus corona bisa menular melalui droplet atau tetesan yang berasal dari batuk atau flu seseorang. Maka dari itu, usahakan untuk selalu berada di rumah selama wabah ini ya.

Jika tidak ada kepentingan mendesak, akan lebih baik kamu melakukan physical distancing di rumah. Ingat, selama di rumah bukan berarti kamu terjebak, justru kamu akan lebih terlindungi.

2. Finansial jadi lebih aman.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Melakukan physical distancing di rumah tentu mengurangi aktivitas untuk berkegiatan terutama dalam hal pengeluaran. Nah, pastinya keuangan kamu akan lebih terjaga. Rutinitas nongkrong bareng teman setiap pulang kerja, jalan-jalan ke mal dan berbelanja hal yang tidak perlu bisa lebih tertahan selama di rumah.

Tapi kamu harus lebih waspada dengan godaan belanja online. Godaan ini bisa cukup kuat untuk menggoyahkan niatmu untuk berhemat. Maka dari itu lebih baik batasi kebiasaanmu untuk jalan-jalan online ya.

3. Mengurangi polusi.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Siapa nih, yang sadar kalau udara jadi terasa lebih segar beberapa hari ini? Semakin banyak orang yang tetap berada di rumah, maka semakin sedikit kendaraan yang berlalu lalang di luar. Tentu saja polusi yang dikeluarkan selama masa physical distancing akan semakin berkurang.

Bahkan beberapa waktu lalu, beredar di media sosial langit Jakarta yang tampak bersih selama masa isolasi corona. Hal ini cukup mengejutkan banyak orang, bahkan banyak yang merasa kagum karena jarang melihat langit Jakarta yang begitu bersih ketika pandemi corona.

4. Bisa lebih dekat dengan keluarga.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Dengan melakukan physical distancing pastinya akan membuat kamu bisa berkumpul dengan keluarga di rumah. Padatnya aktivitas dalam keluarga mungkin membuat kamu semakin jarang untuk ngobrol dengan keluarga.

Coba deh, nikmati physical distancing dengan lebih dekat dengan keluarga. Kamu bisa memulai dengan sarapan bersama keluarga dan menikmati makan malam sembari bercerita.

Selama momen physical distancing ini, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru bersama keluarga, mulai dari menonton film, bermain game, dan juga olahraga bersama.

5. Memiliki banyak waktu untuk melakukan hobi.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ayo jangan habiskan waktu physical distancing dengan uring-uringan ya. Justru selama momen ini bisa jadi kesempatanmu untuk melakukan berbagai hobi yang sempat tertunda.

Selain itu kamu juga bisa mencoba berbagai hal baru yang selama ini tertunda untuk dicoba. Nah, kalau kamu memanfaatkan waktu ini dengan baik justru kamu bisa menambah skill atau kemampuan dalam diri. Bisa jadi kemampuanmu ini jadi peluang ekonomi yang baik untuk kamu dan keluarga. Yuk, cobain!

6. Waktu bersantai lebih banyak.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika berada di rumah kamu akan menyadari begitu banyak waktu yang bisa kamu nikmati. Mungkin selama ini kamu nggak menyadari karena lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah.

Dengan momen physical distancing, kamu bisa menikmati bersantai di rumah lebih lama. Kamu bisa juga nih, bersantai di rumah dengan melakukan relaksasi. Kamu bisa mencari video relaksasi dari internet. Ajak juga anggota keluargamu agar lebih menyenangkan.

7. Jadi lebih rajin masak.

Manfaat physical distancing © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Ini adalah salah satu manfaat dari physical distancing yang menyenangkan. Dengan lebih rajin memasak kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam mengolah berbagai menu.

Selain bisa meningkatkan keahlian, kamu juga bisa lebih berhemat. Banyak menu makanan yang bisa kamu coba selama physical distancing. Mulai dari makanan berat hingga camilan bisa kamu coba selama masa isolasi.

Kegiatan memasak juga bisa kamu manfaatkan jadi agenda yang seru bersama keluarga, lho. Libatkan anggota keluarga dalam memasak sehingga masa physical distancing-mu jadi lebih seru.