Brilio.net - Fenomena 'Om Telolet Om' mulai mendunia. Banyak DJ dan musisi dunia yang mempertanyakan hingga menyebut 'Om Telolet Om' di media sosial mereka sejak Selasa (20/12) malam waktu Indonesia.

DJ Snake misalnya, mengetweet 'Om Telolet Om' pada 20 Desember 2016 pukul 22.32 waktu Indonesia atau pukul 15.32 di negaranya sana. Sementara Martin Garrix mempertanyakan 'what is Om Telolet Om?' via akun Twitternya pada 20 Desember pukul 17.28 waktu Amsterdam. Tweet Martin Garrix itu pun telah diretweet sebanyak 15 ribu kali.

Di Indonesia sendiri, hashtag #telolet langsung menjadi Trending Topic Twitter pada Rabu (21/12) dini hari. Tak cuma dua DJ itu, ada banyak musisi dunia dengan akun verified yang mengetweet tentang 'Om Telolet Om' di Twitter mereka. Sebut saja DJ Zedd, Bassjackers, Marshmello, Alesso, Showtek, Laidback Luke, dan Oliver Heldens.

 

Fenomena 'Om Telolet Om' bahkan saat ini sudah ditulis pada situs musik dunia Billboard. Billboard membuat judul Dance Music World Completely Confounded By Trending Indonesian Meme 'Om Telolet Om' untuk beritanya tentang fenomena telolet.

Billboard Om Telolet Om © 2016 Billboard

Mengawali berita, Billboard mempertanyakan sebenarnya apa itu 'Om Telolet Om'. "What the hell does 'om telolet om' mean? That's the question on some of dance music's biggest minds. It happened all at once, around noon on Tuesday, Dec. 20.," tulisnya, seperti dikutip brilio.net, Rabu (21/12).

 

Billboard menuliskan jika 'Om Telolet Om' tiba-tiba meledak di Twitter tanpa ada penjelasan apa itu telolet. Bahkan 'Om Telolet Om' sudah masuk pembahasan pada forum reddit r/trap and r/EDM.

Postingan para musisi dunia ternyata juga belum bisa menjawab pertanyaan itu. Hingga akhirnya ada sebuah akun @muhammadyazid yang berkomentar pada salah satu akun Instagram musisi yang menjelaskan tentang fenomena itu di Indonesia.

Billboard pun pada akhir berita menyimpulkan fenomena ini muncul karena spamming akun dari Indonesia pada akun Twitter dan Instagram para DJ tersebut. Sejauh penelusuran brilio.net, banyak komentar 'Om Telolet Om' di kolom komentar para selebritis dunia hingga membuat mereka akhirnya bertanya-tanya. Akun Instagram Billboard sendiri pun tak luput dari banyaknya komentar 'Om Telolet Om'.

Billboard Om Telolet Om © 2016 Billboard Hahaha, good job sopir bus Indonesia! Kalian sudah sukses bikin seluruh dunia terkesima. Joss!