Brilio.net - Sebuah keris abad ke-18 ditemukan di bantaran Sungai Towy di Wales, Inggris, tepatnya di dekat toko sebuah retail bernama B&Q. Keris itu ditemukan oleh seorang coracleman, tukang perahu kuno khas Wales, Inggris bernama Andrew Davies.

Dilansir brilio.net dari Wales Online, Jumat (5/5), keris itu ditemukan oleh pria yang sudah lebih dari 30 tahun menjadi coracleman di Wales. Ia menemukan keris tua itu tersangkut saat ia menarik jaringnya.

keris ditemukan di Wales Inggris © 2017 walesonline.co.uk

Sebuah penyelidikan pun tengah dilakukan untuk mencari tahu bagaimana bisa keris itu berada di bantaran Sungai Towy, Carmarthen, Wales.

"Pada suatu malam saya bekerja dengan perahu coracle saya. Jaring saya seolah tersangkut. Ketika aku menariknya, ternyata ada pedang di jaring saya. Ini membuat saya kaget karena tidak biasa menemukan benda semacam ini," terang Andrew Davies yang merupakan ketua asosiasi coracle di Carmarthen, Wales.

keris ditemukan di Wales Inggris © 2017 walesonline.co.uk

Andrew Davies lantas membawanya ke museum agar bisa mencari tahu tentang keris tersebut.

"Saya ingin tahu bagaimana bisa keris itu berakhir di Towy, Wales. Ini hal yang menarik," ungkapnya.

Kurator Carmarthenshire Museum, Gavin Evans mengatakan, ia telah mengirim foto keris berkarat itu ke sebuah museum di London untuk diteliti lebih lanjut. Tapi hingga saat ini belum ada penjelasan rinci mengenai keris tersebut.

keris ditemukan di Wales Inggris © 2017 walesonline.co.uk

"Aku belum pernah mendengar penjelasan balik apa-apa dari museum, tetapi pedang itu adalah berasal Asia, Asia Tenggara, atau Malaysia," ungkap Gavin Evans.

Awalnya Gavin Evans mengira keris itu berasal dari Romawi. Tapi setelah melihat detailnya, ia berprasangka jika bentuknya yang eksotis membuat keris berkarat ini kemungkinan besar berasal dari Asia.

keris ditemukan di Wales Inggris © 2017 walesonline.co.uk

"Ini keris, dengan hiasan ornamen di bagian atasnya. Gagang kayunya itu sekaligus merupakan hiasan berbentuk burung dengan tambahan tulang dan tembaga," ungkapnya.

Ia menduga keris itu telah lama terkubur dalam lumpur sebelum akhirnya terjaring.

"Bagaimana keris itu sampai di Wales punya banyak kemungkinan," katanya.

Muncul dugaan keris itu dijatuhkan, hanyut dan terbawa arus sampai Wales. Atau bisa jadi keris itu dipakai sebagai senjata pembunuhan dan dibuang ke sungai berpuluh-puluh tahun lalu.