Brilio.net - Sebagus apapun kamar kalau sudah dipakai berpuluh-puluh tahun, sangat memungkinkan kondisinya tidak sebaik seperti awal. Walaupun dirawat dan sering ditempati, tapi yang namanya bangunan punya masanya. Apalagi kalau kamar tersebut sudah lama nggak dipakai. 

Daripada dibiarkan jadi sarang nyamuk, rayap, dan hewan serangga lainnya, merenovasi kamar tersebut jadi lebih baru sebuah langkah cerdas yang dapat kamu wujudkan. Nggak perlu mewah dan mahal, asalkan nyaman dan bersih saja sudah keren banget. 

Banyak ide renovasi kamar dari mulai minimalis, modern, industrial, scandinavian, dan lainnya yang dapat kamu terapkan. Pastinya sesuaikan kebutuhan dengan budget renovasi supaya tidak menyesal di belakang. Bicara soal renovasi kamar, brilio.net akan mengajak kamu melihat perubahan kamar berusia 40 tahun yang dirombak menjadi baru lagi. 

Proyek renovasi ini dilakukan oleh pemilik akun TikTok @yachesh. Dia mengunggah setiap progres renovasi kamarnya dari masih berantakan sampai jadi ciamik. 

renovasi kamar usia 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@yachesh

Menurut informasi yang diberikan oleh akun @yachesh, kamar ini sudah ada sejak tahun 1982. Dulunya, kamar ini ditempati oleh ibu mertua dari @yachesh. Kamar ini sudah tidak terpakai sejak tahun 1995, dan kini usianya sudah 40 tahun. 

"Sebenernya ini adalah kamar ibunya suamiku saat masih remaja. Dan udah nggak dipakai lagi sejak tahun 1995. Dan tahun lalu aku jadi kepikiran untuk beresin kamar ini," ungkapnya. 

renovasi kamar usia 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@yachesh

Kondisi kamar sebelum direnovasi bisa dibilang cukup berantakan. Banyak barang-barang tak terpakai tergeletak di sudut kamar. Selain itu kamu akan melihat kasur yang usianya sudah tua. Saking tuanya, ditemukan banyak rayap di sekitaran kasur. 

Nggak cuma rayap dan kotornya kasur, kamar 40 tahun ini punya keramik yang sudah retak di mana-mana. Desain keramik kamar ini sebetulnya bagus dan antik, tapi sayangnya harus diganti dengan vinyl, sebab sulit menemukan keramik motif yang sama dengan sebelumnya. 

renovasi kamar usia 40 tahun © TikTok

foto: TikTok/@yachesh