Brilio.net - Bulan Ramadan adalah bulan beribadah bagi umat Islam. Di bulan ini berbagai kegiatan religi dilakukan. Mulai dari ibadah puasa, berbuka, salat tarawih, sampai melakukan santap sahur pada dini hari.

Di Indonesia, salah satu tradisi yang umum dilakukan selama Ramadan adalah membangunkan sahur. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para pemuda kampung setempat dengan berkeliling membangunkan warga untuk sahur.

Cara membangunkannya pun berbeda-beda. Ada yang keliling membawa kentongan, ada yang membawa bedug, menyetel musik mp3, bahkan ada yang berkeliling sambil memainkan peralatan marching band lengkap.

Namun, cara berbeda justru dilakukan oleh sekelompok pemuda berikut ini. Dalam video tersebut, diperlihatkan momen membangunkan sahur yang lebih syahdu dibanding sekadar membuat suara bising.

cara kreatif bangunkan sahur pemuda maluku TikTok

foto: TikTok/@ltnnujabar

Jika biasanya para pemuda berkeliling kampung dengan menabuhkan alat musik keras serta berteriak untuk membangunkan sahur, hal berbeda justru terjadi di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Para pemuda di daerah ini punya cara unik.