Brilio.net - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dinantikan oleh umat Islam. Dalam bulan ini, Muslim berbondong-bondong untuk meningkatkan serangkaian ibadah. Salah satu yang dilakukan adalah memperbanyak bacaan Alquran, i'tikaf di masjid, dan melakukan salat malam. Seperti yang dilakukan para jamaah di Masjid Gedhe Mataram, Kotagede, Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, masjid bersejarah di Yogyakarta memiliki bangunan dengan arsitektur tradisional Jawa. Letaknya berada di kompleks pemakaman pendiri Kerajaan Mataram Islam, Panembahan Senopati beserta keluarganya. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 1578 ini awalnya dibangun dengan maksud sebagai sarana pengembangan agama Islam.

Dari sejarah panjangnya, terdapat hal unik dari Masjid Gedhe Mataram yang jarang dijumpai di masjid lain ketika bulan Ramadhan. Masjid tertua di Yogyakarta ini menggelar salat tarawih dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada waktu sehabis salat Isya, sedangkan sesi kedua pada pukul 2-3 malam atau dini hari.

Cerita di balik Masjid Gedhe Mataram Kotagede gelar salat tarawih jam 2 dini hari  © 2023 brilio.net

foto: Chandra Nurohman

"Salat tarawih yang dilakukan jam 2 malam ini sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Namun untuk jadwal yang tertata dan terjadwalkan baru 5 tahun ini," ujar Slamet Riyadi, takmir Masjid Gedhe Mataram pada brilio.net belum lama ini.

 

Magang: Mas Noviani