Brilio.net - Setiap orang memaknai kepemimpinan dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Tak ada yang salah dengan hal itu. Selama kepemimpinan dianggap sebuah bentuk keadilan dan selalu mementingkan kepentingan bersama dibandingkan pribadi, maka hal itu sudah dianggap benar dan masuk dalam kaidah seorang pemimpin.

Menjadi pemimpin tak melulu soal golongan besar, seperti sebuah organisasi atau kenegaraan. Menjadi pemimpin juga bisa dimulai dari hal kecil, misalnya dengan menjadi pemimpin untuk diri sendiri, keluarga maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

Ketika menjadi pemimpin, maka pola pikir seseorang otomatis akan berubah. Mereka akan berpikir lebih logis dan selalu mengedepankan apa yang dirasakan orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Sejujurnya menjadi pemimpin memang bukan hal mudah, namun bukan berarti itu menjadi mustahil.

Orang bijak mengatakan, "Pemimpin terbaik dalam sejarah memahami pentingnya memberikan motivasi dan arah yang jelas untuk mencapai tujuan yang lebih besar."

Buat kamu yang sedang belajar menjadi pemimpin atau hanya sekadar ingin tahu bagaimana seorang pemimpin bekerja dan berpikir, berikut ini ada beberapa kata-kata bijak kepemimpinan yang mungkin bisa memotivasi kamu. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (7/11).

Loading...

1. "Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, melewati jalan tersebut, dan menunjukkan jalan itu untuk orang lain." - John C. Mazwell.

2. "Pemimpin adalah orang yang mengemban tanggung jawab. Ia mengatakan, 'Saya kalah'. Ia tidak mengatakan, 'Anak buahku kalah'." - Antonio De Saint-Exupery.

3. "Engkau tidak harus memangku jabatan agar bisa menjadi seorang pemimpin." - Anthony J. D’Angelo.

4. "Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan kenyataan. Tanggung jawab terakhir seorang pemimpin adalah mengucapkan terima kasih. Diantara keduanya, pemimpin adalah budak." - Max de Pree.

5. "Ujian terakhir seorang pemimpin adalah ketika dia bisa berada di belakang orang lain untuk menjalankan keyakinan dan kemauannya." - Walter Lippmann.

6. "Pemimpin sejati bukan orang yang mempunyai banyak pengikut, tapi yang menciptakan paling banyak pemimpin." - Neale Donald Walsch.

7. "Memang benar bahwa integritas saja tidak akan menjadikan Anda seorang pemimpin, tetapi tanpa integritas Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin." - Zig Ziglar.

8. "Saya harus mengikuti orang-orang. Bukankah aku pemimpin mereka?" - Benjamin Disraeli.

9. "Penguasa yang mulia adalah pemimpin yang peka dan jenderal yang baik adalah dia yang berhati-hati." - Sun Tzu.

10. "Keberhasilan pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam mensejahterakan umat yang mereka pimpin." - Abdurrahman Wahid.

11. "Hal yang paling mendasar dari kepemimpinan adalah bahwa Anda harus memiliki sebuah visi." - Theodore Hesburg.

12. "Saat ini, kunci dari kepemimpinan yang sukses adalah pengaruh, bukan wewenang." - Kenneth Blanchard.

13. "Seorang pemimpin adalah pemberi harapan." - Napoleon Bonaparte.

14. "Orang-orang bertanya perbedaan antara pemimpin dan bos. Pemimpin memimpin, dan bos mengendalikan." - Presiden Theodore Roosevelt.

15. "Pemimpin yang efektif bukan soal pintar berpidato dan mencitrakan diri agar disukai. Kepemimpinan tergambar dari hasil kerjanya, bukan atribut-atributnya." - Peter F. Drucker.

16. "Pemimpin harus praktis dan realistis, namun harus berbicara bahasa visioner dan idealis." - Eric Hoffer.

17. "Pemimpin, kami inginkan seseorang yang akan menginspirasi kita untuk menjadi apa yang kita tahu dan apa yang kita bisa." – Ralph Waldo Emerson, penulis esai, penyair dan filsuf.

18. "Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih besar, belajar lebih giat, berbuat lah lebih banyak dan menjadi lebih, maka Anda adalah seorang pemimpin." – Presiden John Quincy Adams.

19. "Pemimpin terbesar belum tentu orang yang melakukan hal terbesar, Dia adalah salah satu yang mencari dan menemukan orang untuk melakukan hal-hal besar." – Presiden Ronald Reagan.

20. "Selalu melakukan yang benar. Ini akan memuaskan beberapa orang dan mencengangkan sisanya." – Mark Twain, penulis.

Kata-kata bijak ini bisa membuat kamu mengerti makna dari sebuah kepemimpinan. Seorang pemimpin minimal harus bisa membimbing bawahannya melakukan tugas yang diberikan dengan baik.

Kata-kata bijak kepemimpinan freepik.com

foto: freepik.com

Jadi, saat ada batu sandungan di tengah perjalanan, seorang pemimpin harus bisa membuat anak buah belajar sampai benar-benar mahir sehingga bukan hanya sukses, tapi mereka juga bisa berkembang.

21. "Orang-orang bertanya perbedaan antara pemimpin dan bos. Pemimpin memimpin, dan bos mengendalikan." – Presiden Theodore Roosevelt.

22. "Apa yang Anda lakukan memiliki dampak yang jauh lebih besar dari apa yang Anda katakan." – Stephen Covey, penulis, pengusaha dan pembicara.

23. "A good leader takes a little more than his share of the blame, a little less than his share of the credit." – Arnold Glasow, humoris dan penulis.

24. "Hasilkan kepemimpinan Anda setiap hari." – Michael Jordan, mantan pemain basket NBA.

25. "Jangan pernah memberitahu orang-orang bagaimana melakukan sesuatu. Katakan kepada mereka apa yang harus dilakukan, dan mereka akan mengejutkan Anda dengan kecerdikan mereka." – Jenderal George S. Patton.

26. "Mengikuti tidak harus dipaksa. Mereka harus mampu memilih pemimpin mereka sendiri." – Albert Einstein, fisikawan.

27. "Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut." – Steve Jobs, pendiri dan CEO Apple.

28. "Anda tidak bisa menjadi pemimpin, dan meminta orang lain untuk mengikuti Anda, kecuali jika Anda tahu bagaimana caranya untuk mengikuti." – Sam Rayburn.

29. "Seorang pemimpin adalah orang yang tahu jalan, pergi berjalan, dan menunjukkan jalan."

30. "Ukuran seorang pemimpin bukanlah jumlah orang yang melayani dia, tetapi jumlah orang yang dia layani."

31. "Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang disiplin dalam kehidupan sehari-hari mereka."

32. "Pemimpin yang efektif memahami budaya sekolah (dan) mendukung terciptanya suatu kondisi yang membangun kerjasama, kepercayaan, dan kepedulian, yang merupakan beberapa pertanda dari suatu budaya sekolah yang sehat dan penuh energi."

33. "Kepemimpinan sekolah membutuhkan kemampuan untuk mengembangkan,mengkomunikasikan, dan menempatkan sebuah visi untuk pengembangan sekolah yang mengorganisir energi dari anggota staf yang sangat beragam menuju tujuan bersama."

34. "Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan."

35. "Orang tidak bisa dikelola. Inventaris bisa dikelola, tapi orang harus dipimpin."

36. "Suatu komunitas ibarat sebuah kapal, setiap penumpangnya harus siap-siap dengan helm."

37. "Jika saya mampu melihat lebih jauh dibanding yang lain, itu karena saya berdiri di bahu raksasa."

38. "Seorang pemimpin membawa orang lain ke tempat yang mereka inginkan. Seorang pemimpin yang hebat membawa orang lain ke tempat yang barangkali tidak mereka inginkan, namun sebenarnya mereka harus berada di sana."

39. "Mereka yang memimpin memberikan penglihatan kepada yang mengikutinya, dan mereka yang mengikuti memberikan hidup kepada mereka yang memimpin."

40. "Ujian terakhir dari seorang pemimpin adalah mewariskan kepada orang-orang yang dipimpinnya keyakinan dan kemauan untuk terus maju."