Brilio.net - Salah satu sumber gizi bagi anak adalah dengan pemberian makanan yang tepat. Pemberian makan yang tepat ini harus didukung dengan pemilihan perlengkapan makan dan minum yang tepat pula untuk menunjang kesehatan.

Saat ini sudah banyak sekali perlengkapan makan dari berbagai macam jenis. Mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Meskipun banyak model peralatan makan, ternyata yang berbahan keramik memberikan kesan tersendiri. Tak hanya dari segi estetika yang lebih cantik, peralatan makan berbahan keramik juga dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibanding material yang lainnya.

Owner Yutensil.id, Catherine mengatakan peralatan makan berbahan keramik memang memiliki harga yang tinggi. Namun ketika melihat kualitas dan keunggulannya akan terasa sepadan.

“Produk kita termasuk yang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 2 juta. Tapi kualitasnya tetap bagus, misalnya peralatan makan berbahan keramik bisa lebih tahan panas, maka bisa masuk ke microwave atau oven. Apalagi kini sedang pandemi, kebanyakan orang ingin makanannya disajikan panas,” jelas Catherine kepada media dalam konferensi pers Yutensil.id baru-baru ini.

Beruntungnya ia menghadirkan produk alat makan berbahan keramik dengan harga terjangkau. Ia sudah memiliki 200 pilihan dengan berbagai kategori. "Mulai dari piring, mangkuk, sendok, dining set, cutlery set, panci sup keramik, tempat sendok, tier, dan tea set,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Catherine juga memaparkan manfaat menggunakan peralatan makan berbahan keramik. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya, Selasa (21/12).

1. Tanpa perawatan khusus

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Catherine mengatakan penggunaan alat makan berbahan keramik tak membutuhkan perawatan khusus. Bahkan cara menyimpannya pun juga tak membutuhkan cara yang merepotkan.

"Misalnya untuk mencucinya hanya menggunakan spons yang lembut. Dan biasanya piring keramik tidak menimbulkan bau meski sudah dibersihkan," katanya.

2. Aman untuk kesehatan

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Material yang digunakan untuk membuat peralatan makan tentu berbeda dan pastinya aman untuk kesehatan. Sebaiknya pilih jenis peralatan keramik dengan kualitas yang baik.

3. Memiliki desain yang estetik

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Beberapa keramik memiliki desain estetik akan terlihat cantik dalam penataan makanan. Selain itu, seseorang yang makan dengan piring yang memiliki desain estetik juga bisa membuat lebih berselera dalam bersantap makanan. Apalagi banyak desain peralatan makan dengan warna dan motif yang bervariasi.

4. Dibuat dari proses yang panjang

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Selain menambah kesan estetik saat bersantap, pembuatan keramik tak semudah yang dibayangkan. Pembuatan keramik harus melalui proses yang lama dan teliti. Pencampuran bahan keramik yang dibantu dengan mesin, tentu membutuhkan effort lebih tinggi. Hal itulah yang membuat keramik lebih mahal dibandingkan bahan plastik dan melamin.

5. Menggunakan cat yang aman

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Dengan desain estetik dan motif yang beragam, tentunya pewarnaan pada motif di keramik sangat aman untuk tubuh. Sebab saat proses pengerjaannya semua keramik melakukan pembakaran dengan suhu tinggi.

6. Tahan dalam suhu panas

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Pada umumnya, dalam penyajian makanan yang panas harus menggunakan bahan yang dapat menghantar panas dan menjadi isolator yang baik. Berbeda dengan plastik, bahan yang terkandung dalam keramik sangat aman bagi tubuh. Jadi, kamu nggak perlu ragu lagi deh seduh kopi panas di gelas keramik yang cantik atau memanaskan makanan dan microwave.

7. Awet

Keunggulan piring keramik Instagram

foto: Instagram/@yutensil.id

Meskipun bukan rahasia apabila piring keramik adalah perkakas yang mudah pecah, tapi piring ini termasuk jenis piring yang tahan lama apabila penyimpanannya tepat.

"Sebaiknya simpan di tempat kering dan jauh dari jangkauan anak-anak. Bahkan kalau perlu dilapisi dengan bahan yang aman," ujar Catherine.