Brilio.net - Jangan sekali pun melewatkan sarapan di pagi hari jika ingin punya hari yang produktif. Manfaat sarapan di pagi hari sudah banyak diketahui, salah satunya adalah menjaga otak dan tubuh tetap bisa konsentrasi dan menyelesaikan tugas dengan seharusnya.

Sayangnya, tak semua orang melakukannya. Sebagian bahkan memilih meninggalkan sarapan dengan alasan menghemat waktu. Jika alasannya adalah waktu, kamu perlu memiliki lima alat ini di rumah agar bisa menyiapkan sarapan dalam waktu singkat. Berikut kelima alat dapur tersebut dikutip dari berbagai sumber.

1. Rice cooker.

Ilustrasi © beragam sumber

foto: amazon.com

Loading...

"Bagi yang merasa sarapan harus dituntaskan dengan sepiring nasi panas, rice cooker dengan fitur sesuai kebutuhan tentu akan jadi alat yang benar-benar dibutuhkan," kata Business Manager Dekoruma Rafi Sarumaha. Untuk menyingkat waktu, bisa menyiapkan beras yang sudah dicuci dan air.

Masukkan ke dalam rice cooker dan tekan tombol memasak. Selama menunggu nasi siap, bisa menyiapkan lauk pendampingnya. Jadi, nasi dan lauk bisa siap dalam waktu bersamaan dan siap disantap sebelum memulai hari.

2. Blender.

Ilustrasi © beragam sumber

foto: consumerereports.org

Benda yang satu ini memang sangat membantu dalam menyiapkan sarapan dalam waktu singkat. Dalam waktu tak lebih dari 15 menit, bisa mendapatkan jus buah segar yang siap disantap sebelum berangkat ke kantor. Selain jus segar biasa, juga bisa membuat smoothies yang pastinya punya tingkat kelezatan yang lebih tinggi.

Untuk membuat jus dan smoothies, sebaiknya memilih buah atau sayur yang tak memiliki kandungan keasaman yang tinggi untuk meningkatkan kealkalian tubuh setiap harinya. Tingkat keasaman yang tinggi bisa menyebabkan masalah pencernaan pada perut. Alih-alih berkonsentrasi penuh selama di kantor, yang ada malah menahan sakit perut.

3. Pemanggang roti.

Ilustrasi © beragam sumber

foto: pixabaya.com

Bagi yang suka dengan menu sarapan ala Western, pemanggang roti wajib ada di dapur. Jika bingung, dapat membeli pemanggang roti di online shop seperti Dekoruma. Pemanggang roti atau yang biasa disebut dengan toaster ini memang bisa membuat suasana hati saat sarapan menjadi lebih baik. Hanya perlu memasukkan lembaran roti tawar ke dalam mesin dan tunggu sampai selesai dipanggang.

Setelahnya, bisa mengoleskan selai sesuai selera. Menyantapnya dengan segelas jus segar atau kopi panas tentulah sangat menyegarkan tubuh dan pikiran.

4. Kulkas.

Ilustrasi © beragam sumber

foto: pixabay.com

Benda yang satu ini memang hampir selalu ada di rumah-rumah. Fungsi utamanya yang paling dikenal adalah sebagai tempat menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan tahan dalam waktu lebih lama. Tapi, tahukah bahwa kulkas punya peran yang penting untuk menyajikan sarapan lezat dalam waktu singkat?

Jika memilih untuk membuat Havermut yang sehat, kulkas tentu sangat diperlukan. Menu sarapan ini terbuat dari oat atau biji gandum dan sereal yang dicampurkan susu dan yogurt, lalu disimpan semalam di dalam kulkas. Pagi harinya, bisa langsung menyantapnya sebagai menu sarapan. Agar lebih nikmat, tambahkan potongan buah segar sesuai selera.

5. Wajan teflon.

Ilustrasi © beragam sumber

foto: pixabay.com

Sama seperti kulkas, keberadaan wajan teflon ini hampir bisa dipastikan tersimpan dengan baik di dapur. Selain untuk menggoreng aneka masakan, wajan teflon juga bisa menyajikan sarapan lezat dalam waktu singkat. Bisa membuat omelet yang terdiri dari telur dengan campuran sayur jika mau.

Selain omelet, menu lain yang bisa dibuat adalah pancake. Selain bahannya sederhana, membuat pancake juga mudah sehingga cocok untuk yang ingin menghemat waktu masak. Untuk sajian yang satu ini, hanya perlu menyiapkan tepung adonan pancake instan dan memasaknya di atas wajan anti lengket ini. Tambahkan sirup maple, madu atau susu cair agar semakin lezat.