Brilio.net - Memang harus ya makan pakai mangkuk? Sekalipun adalah pilihan kamu makan pakai mangkuk atau piring, tapi ternyata ada alasan khusus yang menyarankan lebih baik menggunakan mangkuk ketimbang piring.

Mau tahu alasannya? Dilansir brilio.net dari FOOD52, Kamis (29/10), berikut penjelasannya.

1. Setiap bentuk wadah makanan memiliki tujuan

Makan pakai mangkuk lebih baik ketimbang piring, ini alasannya

Terkadang ada menu-menu yang membutuhkan wadah tersendiri untuk ukuran yang tepat. Trudy Crane, seorang desainer interior dan seniman keramik dari Montreal, Kanada, menyatakan demikian. Dia sendiri merancang banyak hal sesuai ukuran, misalnya saja membuat mangkuk porselen salad yang menurutnya secara ideal untuk dua hingga empat orang. Ukuran ini pas, tidak terlalu kecil atau besar. Trudy menambahkan bahwa masing-masing bentuk dan ukuran mangkuk memiliki perasaan dan kepribadiannya sendiri, menyesuaikan apa yang ada di atas atau di dalamnya.

Loading...

Secara sederhana dalam kehidupan sehari-harimu, mangkuk memang diperuntukkan untuk makanan berkuah. Akan cukup kesulitan kalau makan makanan berkuah tapi di piring. Kuahnya bisa meluber ke mana-mana. Beda kalau makan bakso, soto, atau rawon di mangkuk, bukan?

2. Mangkuk membuat kamu nyaman

Makan pakai mangkuk lebih baik ketimbang piring, ini alasannya

Nigel Slater, seorang penulis kuliner, jurnalis, dan penyiar dari Inggris, menyatakan bahwa makanan dalam mangkuk adalah makanan yang paling enak dan nyaman dinikmati. Tentu saja benar, coba kalau kamu makan es campur di piring sambil bersila di atas sofa dan nonton televisi, nyaman? Lebih enak pakai mangkuk, bukan?

3. Mangkuk membuat makanan terlihat bagus

Makan pakai mangkuk lebih baik ketimbang piring, ini alasannya

Mangkuk berbentuk cekung sehingga mengesankan dia mendekatkan elemen makanan satu dengan yang lain, berbeda dengan piring yang menggeber bahan-bahan makanan di atasnya. Nah, ternyata dari sisi fotografi, makanan di dalam mangkuk itu lebih indah.

4. Mangkuk bikin makanan mudah dibawa ke mana-mana

Makan pakai mangkuk lebih baik ketimbang piring, ini alasannya

Iyap, mangkuk di sini bukan selalu mangkuk yang terbuat dari barang pecah belah, lho. Wadah-wadah makanan cekung berpenutup juga dapat diartikan sebagai mangkuk, lho. Dengan wadah-wadah ini kamu bisa membawa bekal sekolah, kuliah atau bekerja dengan mudah. Bahkan mau bawa makanan untuk piknik pakai mangkuk tersebut, bisa banget!

5. Menjadi gaya lucu makan bersama keluarga

Makan pakai mangkuk lebih baik ketimbang piring, ini alasannya

Karena dapat memuat makanan dengan aman, mangkuk (dalam hal ini wadah cekung berpenutup) akan bisa memeriahkan acara makan-makanmu dengan keluarga atau kerabat dekat, misalnya saja saat pergi tamasya. Jadi nggak perlu ribet dan mahal-mahal beli makanan, kan? Kamu sendiri pasti memilih wadah cekung itu daripada piring, sebab lebih praktis, selain aman sebagai wadah berbagai makanan.

Jadi, sudah berniat memperbanyak koleksi mangkuk di dapurmu?