Brilio.net - Halo guys, kamu pernah mendengar quote berikut?

"You can tell a lot about a fellow's character by his way of eating jellybeans." - Ronald Reagan

Memangnya benar? Ternyata sudah ada penelitian dari Juliet A Boghossian, Behavioral Food Expert, yang menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara kepribadian seseorang dengan kebiasaan mereka makan. Gimana tuh?

Yuk, kita ulik rahasia kepribadian kamu lewat cara makan, seperti dikutip brilio.net dari buzzle.com, Kamis (26/3):

1. Makan terlalu cepat
Kalau kamu makan terlalu cepat, bisa jadi kamu orang yang tidak seimbang dalam meletakkan prioritas. Tapi kamu justru dianggap lebih memiliki perhatian kepada orang di sekitarmu ketimbang terhadap dirimu sendiri.

Terkadang, kamu berani mengambil risiko akibat dari hasratmu yang suka sekali berkompetisi. Di sisi lain, kamu justru dikenal sebagai orang yang teliti dalam pekerjaan. Kamu juga cekatan dalam mengerjakan tugas sebelum tenggat waktu tiba.

Tapi, kamu harus ingat, makan terburu-buru juga nggak bagus untuk kesehatanmu, lho. Jadi, santai saja kalau makan, ya. Belanda masih jauh, kok!

2. Makan terlalu lambat
Cara makan kamu ini memperlihatkan kamu ingin menikmati setiap hal yang terjadi dalam hidupmu. Ada yang bilang kamu menempatkan dirimu di atas kepentingan orang lain. Jadi, kamu dinilai egois. Hmmm..

Dalam pekerjaan, kamu dibilang cukup slow banget. Setuju dengan pernyataan ini?

Tapi jangan berkecil hati, guys. Kamu yang santai juga dibutuhkan oleh teman-temanmu untuk tetap bisa mengendalikan emosi saat suasana kritis sehingga bisa berpikir jernih. Alasannya, kamu orang yang nggak gampang panik.

3. Suka beradaptasi dengan kecepatan makan teman
Itu artinya kamu juga bisa beradaptasi untuk hal lain. Kamu juga dikenal sebagai orang yang ramah dan punya banyak teman. Kerennya, kamu punya bakat memprediksi dan menginterpretasi pikiran seseorang sehingga kamu bisa mengimbanginya. Kamu juga peduli pada orang lain, alias nggak egois.

4. Mengubah kecepatan makan berdasarkan jadwal
Hampir mirip dengan poin 3, intinya kamu mampu beradaptasi dengan situasi. Tapi poin ini lebih mengutamakan berdaptasi dengan jadwalmu sendiri. Jadi, kalau kamu terburu waktu mengerjakan tugas, maka makanmu akan cepat sekali. Tapi kalau sedang longgar, kamu bisa makan dengan santai.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu dapat diandalkan. Kamu tulus mengerjakan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Sehingga antara kehidupan personal dan profesional bisa berjalan seimbang.

5. Eksperimen dengan makanan
Jika kamu suka mencampur dua jenis makanan atau lebih, itu artinya kamu nggak takut mencoba sesuatu yang baru. Kamu suka tantangan dalam hidupmu.

Itu menandakan kamu dapat diandalkan atas lebih dari satu tanggung jawab. Bisa dibilang kamu bisa bekerja secara multitasking. Sayangnya, dengan cara yang seperti ini, terkadang kamu jadi bingung sendiri dengan prioritas hidupmu.  

6. Memesan makanan tanpa melihat daftar menu makanan
Wah, kalau kamu bersikap seperti ini, kamu terkesan sombong, lho. Selain itu juga terlihat tidak mau terbuka terhadap perubahan. Bisa dibilang kamu pribadi yang kaku.

Coba merenung kembali ya, guys, apakah benar? Kalau sesuai, ada baiknya kita mengubah cara bersikap kita, ya. Kan, nggak asyik kalau pas lagi makan sama gebetan, kita bersikap abai dengan daftar menu, terus gebetan menilai kita yang nggak-nggak.

7. Butuh waktu lama untuk memesan makanan
Intinya kamu orang yang mudah ragu. Pertimbangan matang adalah prinsipmu. Tapi bisa jadi kamu bingung nggak jelas, padahal sesuatu sudah ada di depan kamu. Terkadang sifat menimbang-nimbang memang perlu untuk memastikan mana yang baik dan buruk. Tapi kalau lama-lama, keburu laper, tahu. Atau kalau diaplikasikan dalam kehidupan secara umum, kesempatan emas keburu melayang. Nyesek, kan?

8. Suka membuat suara-suara aneh selama makan
Kamu yang suka mengunyah keras atau menyeruput sampai menimbulkan suara berisik, bahkan cegukan keras, dinilai orang menjijikkan atau kurang sopan. Tapi kamu menilai mereka terlalu kasar menilaimu. Tapi sebenarnya, pada beberapa orang mungkin menderita masalah kesehatan sehingga membuat suara-suara aneh selama makan.

9. Memotong daging sekali irisan
Cara kamu makan daging seperti itu menunjukkan kamu pemikir strategis dan progresif. Kamu suka menerapkan metode-metode dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini membuatmu menjadi orang kepercayaan di kantor. Pekerjaan yang cocok untukmu adalah bidang teknik atau komputer atau pekerjaan serupa yang membutuhkan kinerja sistematis.

10. Makan satu jenis makanan saja pada satu waktu
Kamu orang yang berorientasi pada detail dan sistematis dalam melakukan pekerjaan. Kamu dapat mengerjakan tugas dengan rapi dan jeli. Sayangnya, kamu bisa jadi nggak cukup terbuka terhadap perubahan cara baru. Bisa dibilang kamu agak kaku.

11. Suka bertanya menu ini dan itu
Kamu orang yang berpikiran terbuka dan kreatif. Bila diaplikasikan secara umum, kamu siap dengan segala pengalaman baru dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu terkenal up to date, guys!

12. Makan semua makanan sendirian
Hei, kamu bisa dicap egois lho, kalau nggak mau bagi-bagi makanan. Eits, jangan berkecil hati. Itu hanya penilaian orang yang sempit pikirannya. Ada kok, yang menilai kamu sebagai pribadi mandiri dan menunjukkan diri bahwa memang dirimu sedikit individualis. Jadi, kamu nggak munafik mengakui adanya dirimu yang mungkin dinilai negatif oleh orang lain.

13. Menjaga makanan dari sentuhan tangan orang lain
Siapa sih, yang mau makanan kita disentuh-sentuh orang lain? Siapa tahu dia habis bersin terus banyak bakteri. Idih!

Nah, kalau kamu tipe orang seperti ini, kamu adalah orang yang suka ketertiban dan ingin menjamin segalanya bersih dan rapi. Hal ini bukan masalah selama alasannya jelas, yaitu menjaga kesehatan. Tapi jangan berlebihan, ya. Disangka kamu memiliki obsesi pada makanan yang wajib dipisahkan dari makanan orang lain. Nggak mau jatuh harga diri di mata gebetan, dong?

Yuk, kenali kepribadian unik kamu dari cara makan

Well, kira-kira kamu punya kebiasaan makan yang mana?