Brilio.net - Buat kamu penggemar makanan China dan Jepang pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya sumpit. Apalagi kalau kamu makan di beberapa restoran Asia nan mewah, kamu bisa makan menggunakan sepasang sumpit sekali pakai. Namun kebanyakan dari kita yang telah menggunakan sumpit untuk makan, belum akrab sama bagian ujung sumpit.

Di beberapa negara Asia Tenggara, sumpit merupakan alat makan utama yang sama pentingnya seperti sendok garpu. Alat makan berbentuk dua batang kayu sama panjang ini digunakan dengan cara dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Selanjutnya sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring satu ke piring lain atau memasukkan makanan ke dalam mulut.

Biasanya sebelum sumpit digunakan, harus di patahkan atau dipisahkan terlebih dahulu di bagian pangkalnya. Kalau cara ini udah tahu dong ya? Tapi pernah nggak menemukan sumpit dengan bagian pangkal yang harus dipatahkan juga?

BACA JUGA: Berat dan ukuran sendok bisa bikin rasa makanan jadi berubah

Dilansir brilio.net dari Elite Readers, Senin (15/2), bagian pangkal sumpit ini sengaja didesain sedemikian rupa untuk menjaga agar sumpit tetap diletakkan secara bersama-sama ketika kamu ingin menikmati minuman pesananmu. Jadi, ketika kamu menaruh sumpit memang seharusnya tidak diletakkan secara terpisah. Cara ini juga dimaksudkan untuk menjaga sumpit tetap bersih. Bagian pangkal sumpit ini harus dipatahkan agar sepasang sumpit bisa digunakan untuk menjepit makanan sewaktu jari-jari tangan memegang bagian pangkal sumpit.

Loading...

Coba deh lihat gambar di bawah ini biar lebih jelas:

Begini cara benar pakai sumpit, yang ngaku jago belum tentu benar lho!

Jangan seperti ini:

Begini cara benar pakai sumpit, yang ngaku jago belum tentu benar lho!

foto: inhabitat.com

Sebagai tambahan, jika sumpit yang kamu gunakan tak terbuat dari bambu melainkan dari plastik maupun logam, kamu bisa mencari tempat untuk meletakkan sumpit dengan desain lucu seperti ini:

Begini cara benar pakai sumpit, yang ngaku jago belum tentu benar lho!

Begini cara benar pakai sumpit, yang ngaku jago belum tentu benar lho!

foto: Flickr/City Foodsters

Nggak usah takut bakal melukai mulut, karena sumpit dari bahan tersebut permukaannya sudah dihaluskan atau dilapis dengan bahan pelapis seperti pernis atau cat. Nah, bagian dari sumpit ini semoga bisa menambah wawasan kamu, ya!