Brilio.net - Istilah impresif sering digunakan untuk menggambarkan performa atlet atau tim di dunia olahraga. Kata impresif merupakan salah satu kata serapan dari bahasa Inggris "impressive" yang memiliki arti mengesankan. Impresif juga dapat diartikan sebagai kesan mendalam atau sesuatu yang berkesan. Ketika kamu ingin memuji penampilan seorang artis atau atlet, kamu bisa menggunakan istilah ini.

Namun, ternyata impresif juga dapat digunakan di dalam beberapa kondisi. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai kata impresif dan cara penggunaan katanya, berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (5/7).

Pengertian impresif.

penjabaran mengenai impresif © berbagai sumber

foto: Unsplash/Finn Mund

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), impresif adalah dapat memberi atau meninggalkan kesan yang dalam, mengharukan, atau mengesankan. Di dalam KBBI, impresif merupakan kata yang tergolong ke dalam kelompok adjektiva untuk menerangkan nomina atau pronomina. Impresif juga dapat dimaknai sebagai sesuatu yang sangat berkesan sehingga memengaruhi seseorang untuk melakukan suatu perbuatan atau tindakan.

Impresif juga berkaitan dengan suatu hal yang sangat mengesankan sehingga membuat seseorang kagum dengan tindakan atau perkataan tersebut. Kata impresif dapat digunakan untuk beberapa konteks seperti ketika membuat surat lamaran pekerjaan.