Brilio.net - Banyak sekali kita melihat atau mendengar cerita tentang seseorang yang mencari orangtua atau saudaranya yang hilang karena akibat mengalami pikun. Ya, orang tua atau manula yang pikun seringkali lepas dari pengawasan anak atau saudaranya dan jalan-jalan ke luar rumah.

Mencari orangtua pikun yang hilang pun bukan perkara mudah, apalagi jika mereka berjalan jauh ke wilayah yang kamu tidak tahu. Begitu juga bila ada orang yang menemukannya, ditanya nama dan alamat rumah mungkin tidak bisa menjawab.

Nah, berawal dari pengalaman di atas, seorang warga di Klaten, Jawa Tengah mempunyai inovasi unik dengan cara menempel badge (emblem) atau identitas yang dibordir di bagian belakang baju yang dikenakan neneknya yang pikun. Emblem ini mirip identitas yang dijahit di seragam-seragam sekolah.

Ide unik! Baju manula derita pikun ditempeli emblem identitas diri

Ide cemerlangnya terbukti berguna ketika sang nenek pergi dari rumahnya dan ditemukan oleh warga bernama Noer. Noer yang bingung karena sang nenek tidak nyambung ketika ditanya nama dan alamat, akhirnya lega di baju nenek bernama Mbah Dipo itu terdapat badge identitas lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Enten simbah-simbah bingung, linglung mergo mpun sepuh, ndilalah ditangkleti ngeh binggung, kulo ngeh binggung, alhamdulillah anake Mbah Dipo nempleki bordiran neng klambi mburi, dengan nama, alamat jelas berserta nomor handphone yang bisa dihubungi (ada nenek sudah linglung karena usia, ditanya sudang bingung, saya juga bingung tapi alhamdulillah si anak menempelkan bordiran di bajunya dengan nama, alamat dan nomor handphone yang bisa dihubungi)," tulisnya di media sosial seperti dikutip brilio.net, Minggu (13/2).

Ide cemerlang menempelkan alamat di baju orang yang sudah pikun itu banyak mendapat pujian netizen. Mereka terinspirasi dengan peristiwa itu.

"Wah keno go inspirasi seng kagungan simbah-simbah (wah, bisa buat inspirasi untuk yang punya kakek dan nenek)," tulis akun Areez.

"Jempol 4 kagem anake Mbah Dipo (jempol 4 buat anaknya Mbah Dipo)," imbuh akun Rahayu.