Brilio.net - Aneh tapi nyata, sebuah rumah yang tak terpakai ternyata bisa menghasilkan dolar dengan cara yang tak diduga. Rumah tersebut dibeli untuk dibikin sebuah toko yang akan dijalankan ayah Yulie Rahmawati setelah masuk masa pensiun.

Akibat rentang waktu pensiun masih lama, akhirnya rumah itu terbengkalai. Kemudian Yulie berencana membuatnya menjadi indekos dengan merenovasinya.

"Karena aku pejalan dan suka travelling, saya usul ke ibu kenapa rumah tersebut tidak dijadikan penginapan buat traveler saja, dan saya rasa kami sekeluarga punya kemampuan untuk mengelola sebuah penginapan," kata Yulie Rahmawati (23), pemilik penginapan Cevilla BnB kepada brilio.net, Kamis (11/2).

Akhirnya ide dara cantik asal Banyuwangi ini disetujui. Rumah kosong yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Banyuwangi, Jawa Timur tersebut lalu berubah menjadi penginapan dengan nama Cevilla Bed and Breakfast pada tahun 2013.

"Konsep awal penginapan sederhana dan tidak mau repot, fokusnya hanya penginapan dan sarapan pagi. Makanya kami bergabung dengan AirBnB.com sebagai situs promosi penginapan seperti milik saya," tambah cewek yang biasa disapa Liel ini.

Loading...

Setelah bergabung dengan AirBnB.com, penginapan yang Liel miliki mulai mendapat pelanggan. Tak hanya wisatawan lokal namun juga banyak dari mancanegara yang datang.

"Kami bisa meraup pemasukan per bulan paling sedikit Rp 3,6 juta. Bahkan, pernah dalam musim liburan pemasukan dalam sebulan tembus Rp 27 juta," ujarnya.

Menurut Liel, tamu yang menginap di tempatnya banyak yang berasal dari Jakarta, Bandung dan beberapa kota besar di Indonesia. Sedangkan tamu dari luar negeri kebanyakan dari Eropa, seperti Prancis, Jerman, Inggris, Amerika, Kanada, dan Australia.