Brilio.net - Uang lama yang sudah tidak berlaku memang tak bisa digunakan untuk bertransaksi. Akan tetapi, hal tersebut tak lantas mengindikasikan bahwa ia tak bernilai lagi.

Layaknya barang vintage, uang lawas juga bisa dijual kembali dengan harga tinggi kepada para kolektor. Lebih-lebih, jika uang yang bersangkutan memiliki cerita uniknya sendiri, seperti pecahan Rp 1.000 berikut ini.

Dikutip brilio.net dari akun TikTok @rinagustiana_, Jumat (26/2), diketahui bawa uang pecahan bergambar Presiden Indonesia pertama, Soekarno, miliknya itu ternyata bisa melengkung sendiri jika diletakkan di atas telapak tangan. Untuk membuktikannya, perempuan bernama Rina itu lantas menunjukkannya dalam sejumlah video.

"Ini tuh adalah uang Rp 1000-nya Soekarno. Konon katanya, uang yang lurus ini kalo misalnya kita taro di atas telapak tangan kita, bakal melengkung sendiri. Jadi kita buktikan aja ya!" ujar @rinagustiana_.

Benar saja! Meski tampak samar, dari video pertama yang diunggah tampak jika uang tersebut benar-benar melengkung tanpa bantuan orang lain.

Loading...

Lalu, lantaran merasa belum puas dengan video yang ada, Rina pun kembali merekam detik-detik melengkungnya uang Rp 1.000 tersebut dengan bantuan sang adik. Kali ini, dalam posting-an terkait, ujung uang tersebut tampak melengkung tinggi.

"Kita lihat kiri-kanan, nggak ada bantuan kipas angin dan sebagainya, dan kali ini aku minta tolong sama adik aku buat megangin uangnya," ucap @rinagustiana_.

Aksi yang ditunjukkan oleh Rina tersebut lantas membuat sejumlah warganet tertarik. Seorang netizen bahkan membuat penawaran cukup menarik, yakni ingin membeli uang milik Rina dengan harga Rp 400 juta.

uang gambar bung karno © TikTok

foto: TikTok/@rinagustiana_

"Asli aku nggak tahu uang ini seunik apa di mata kalian sampai banyak banget yang nawar, banyak banget yang mau beli," ucap sang pemilik akun.

Namun sayangnya, sang pemilik akun tidak melepas uang miliknya itu. Ia merasa keberatan lantaran nilai jual dari uang tersebut bisa lebih tinggi dari penawaran yang ada itu.

@rinagustiana_

Kok bisa melengkung sendiri uangnya? ##fyp ##aneh

Horror atmosphere piano & SE. - Kohrogi

Lepas dari itu, tanpa pernah disangka sebelumnya, unggahan Rina pun dengan cepat menjadi viral di media sosial. Terhitung hingga saat ini, video pertamanya telah ditonton lebih dari 3,7 juta kali dan mendapat lebih dari 282 ribu likes.

Sementara itu, lewat kolom komentar, netizen pun menuliskan beragam respons. Ada yang menanggapi unggahan tersebut dengan serius, namun tak sedikit pula yang merespons dengan bercanda.

"Lah duit gw lebih hebat, bisa ngajak gw ke warung," tulis akun @zaheunpacargua.

"Itu cuma uang souvenir Soekarno 1964 bukan uang asli, coba pake gelas diidi air panas terus uangnya ditaro diatasnya pasti langsung menggulung," komentar akun @aulia_prawira00.

"ITU EMANG BEGITU. SEMUA UANG 1000 SEOKARNO ITU SEMUA NGEGULUNG SENDIRI KALO DITELAPAK TANGAN. DULU GURU AKU PUNYA DAN AKU UDH BUKTIIN," tulis akun @komkom171.

"Kayanya ada isiannya gitu kak didalamnya ga baik kak kalo disimpan, mending dititipin ke aku aja kak pasti aman," komentar akun @ronnyedo03.