Brilio.net - Tempat pemakaman biasanya berlokasi di area yang agak terpisah dari permukiman. Namun, bagaimana jadinya jika salah satu makam justru diletakkan di dalam rumah?

Belakangan di media sosial beredar sebuah video yang menunjukkan makam berada di dalam rumah. Makam tersebut berada di satu ruangan khusus di salah satu rumah milik warga.

Dilansir dari akun TikTok @hasanahwae, Kamis (5/8) sebuah video memperlihatkan salah satu budaya yang hingga kini masih ada di lingkungan tempat tinggalnya. Tampak sebuah nisan putih diletakkan di sebuah ruang khusus di dalam rumah.

@hasanahwae

klu di tmpt ku udah biasa kuburan di dlm rmh..,,..

original sound - Valdy Nyonk Official - Valdy Nyonk official

"Makam di dalam rumah," tulis akun Instagram @andreli48. "Serem juga ya," sambungnya.

Menariknya, pemilik rumah tersebut tampak santai dan beraktivitas seperti biasa. Bahkan, ada dua orang berpeci dan memegang buku bacaan terlihat serius mengaji di dekat makam tersebut.

Sementara itu, tampak dua anak kecil tengah bermain di dalam rumah bersama seorang wanita paruh baya. Diketahui, makam di dalam rumah tersebut berlokasi di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Viral makam di dalam rumah © TikTok/@hasanahwae

foto: TikTok/@hasanahwae

"#Sumenep #Madura #Jatim," dikutip dari akun Instagram @andreli48.

Usut punya usut, memiliki makam di dalam rumah merupakan hal yang lumrah bagi warga Sumenep. Hal ini justru telah menjadi tradisi yang hingga kini masih terus dilestarikan warga setempat.

"Kalau di tempatku, sudah biasa kuburan di dalam rumah," tulisnya sang pemilik video.

 

Viral makam di dalam rumah © TikTok/@hasanahwae

foto: TikTok/@hasanahwae

Kendati dianggap wajar oleh warga setempat, namun video singkat tersebut seolah membuat banyak warganet merinding. Tak sedikit yang merasa terkejut saat melihat keunikan tradisi asal Madura itu.

"Masya Allah, kok kuburannya serumah," tulis akun @rz.rz.779205.

"Seremnya pake bangettt itu mah," tulis akun @rha_aryanti.

"Haduhhh," tulis akun @teesoap.ed.

"Gue malah fokus dan ikutin ke i'tikafnya. Alhamdulillah," tulis akun @ilhamajeee.