Brilio.net - Jika berbicara mengenai olahraga yang tengah hits di kalangan masyarakat, tentu orang akan langsung menyebut bersepeda. Ya, dengan olahraga sepeda kini dianggap keren dan menjadi tren baru. Bahkan bersepeda telah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat di perkotaan.

Selain dianggap sebagai alternatif untuk mengurangi polusi udara, rupanya bersepeda juga bisa bermanfaat untuk kebugaran dan juga psikologis. Misalnya mengurangi tingkat kecemasan, depresi, dan stres yang kini banyak dialami oleh generasi muda. Sebab dengan bersepeda, kamu dapat meningkatkan produksi bahan kimia seperti serotonin, dopamin dan phenylethylamine di otak. Di mana senyawa tersebut dapat menimbulkan perasaan bahagia pada seseorang sehingga terhindar dari bad mood.

Nah, bagi kamu yang menderita sakit lutut maupun gangguan sendi, sangat disarankan untuk berolahraga sepeda. Ya, olahraga ini sangat cocok untuk menguatkan otot kaki secara alami. Ketika kamu bersepeda, pergerakan sendi pada tangan, lutut dan kaki bisa bekerja lebih fleksibel. Jadi nggak ada salahnya kamu meluangkan waktu secara rutin selama 30 menit setiap harinya, baik pagi maupun sore.

Bersepeda juga merupakan olahraga yang membuat pikiran segar karena kita berinteraksi langsung dengan alam. Semakin lama kita menggeluti olahraga sepeda, biasanya seseorang akan merasa lebih tertantang melakukan perjalanan lebih jauh. Dari jarak lintasan yang bertambah, tentunya tenaga pun akan lebih terkuras. Oleh karena itu penting juga untuk melakukan persiapan sebelum melakukan olahraga ini.

Salah satu yang penting yakni jangan sampai bersepeda dengan perut kosong atau kekenyangan. Sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan di malam hari. Serat yang tinggi, apalagi kaya mineral, akan menjadi suplemen alami untuk pasokan energi. Selain itu irama dayungan pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm), berbeda dengan pembalap sepeda yang bisa mengayuh pedal di kisaran 80-100 rpm. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan teknik mengayuh sepeda yang benar.

Kalau kamu mulai rutin bersepeda, pastikan ukuran frame alias kerangka sepeda tepat untuk tubuhmu, kamu bisa mengangkangi sepeda dengan kakimu menapak rata dengan tanah. Misalkan saja ada sepeda lipat. Untuk kamu sedang ingin bersepeda santai dan tak mau ribet, sepeda lipat ini bisa jadi salah satu pilihan tepat.

Produsen sepeda Polygon juga memproduksi jenis sepeda lipat yang keren dan oke lho, yakni sepeda lipat tipe Urbano I3. Sepeda lipat Polygon Urbano I3 juga terus melakukan inovasi dengan merilis versi terbaru.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari referensi tentang sepeda Urbano I3, berikut harga dan spesifikasi sepeda lipat Polygon Urbano I3, seperti dilansir brilio.net dari website resminya polygonbikes.com pada Senin (22/6).


1. Polygon Urbano I3 2014.

foto: polygonbikes.com



Polygon Urbano I3 ini dinilai lebih meningkatkan kenyamanan pengendara. Sebab posisi pengendara akan tegak dengan posisi kaki yang pas. Rangkanya dari alloy 6061 yang ringan, pelek roda 20 rolling yang mulus, fender dengan cakupan penuh, dan rem V yang kuat.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

a. Frame: ALLOY FOLDABLE

b. Fork: STEEL RIGID FORK

c. Stem: QR FIX SLOT, ALLOY

d. Handlebar: ALLOY

e. Shifter: SHIMANO NEXUS

f. Bottom Bracket: STEEL BB

g. Crank Set: SAMOX ALLOY, 170MM

h. Cassette: SHIMANO SM-GEAR18, 18T

i. Chain: KMC Z-610

j. Pedal: FOLDABLE

k. Brake: STEEL V-BRAKE

l. Wheel Set: ALLOY RIMS, SINGLE WALL W/ ALLOY HUBS

m. Tire: KENDA K-WEST 20X1.75

n. Saddle: POLYGON SADDLE

o. Seat Post: ALLOY

p. Wheel Size: 20"

q. Color: PURPLE

Dari segi harga, sepeda ini dijual di berbagai e-commerce dengan kisaran harga Rp 4.000.000.

Loading...
2 dari 3 halaman

 

2. Polygon Urbano I3 tahun 2015.

foto: polygonbikes.com



Tahun 2015 seri Urbano I3 kembali muncul dengan pilihan warna dan tampilan yang fresh. Namun untuk spesifikasinya tak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni sebagai berikut:

a. Frame: ALUTECH FOLDABLE

b. Fork: HI-TEN STEEL RIGID FORK

c. Stem: QR FIX SLOT, ALLOY

d. Handlebar: aLLOY, 560MM

e. Shifter: SHIMANO NEXUS SL-3S41E

f. Crank Set: SAMOX ALLOY CRANK 38T, 170MM

g. Cassette: SHIMANO NEXUS 16T

h. Chain: KMC Z-610

i. Pedal: FOLDABLE PEDAL

j. Brake: ALLOY V-BRAKE

k. Tire: KENDA K-154, 20X1.75

l. Saddle: POLYGON SADDLE, STEEL RAIL

m. Seat Post: ALLOY, 34.9X500MM

n. Wheel Size:20"

o. Color: Black

p. Weight: 11.6 kg

Dari website resminya polygonbikes.com, sepeda ini dijual dengan harga Rp 4.200.000

3 dari 3 halaman


3. Polygon Urbano I3 tahun 2018.

foto: polygonbikes.com



Polygon Urbano I3 sudah memiliki frame alloy 6061 yang ringan dan roda ukuran 20". V brake-nya pun sudah kuat dengan internal gear hub 3 sehingga tak membutuhkan banyak perawatan. Berikut rincian spesifikasi lengkapnya:

a. Frame: AL6 FOLDABLE

b. Fork: HI-TEN STEEL RIGID FORK

c. Head Set: INTERNAL CAGED BEARING ID:44MM

d. Stem: QR FIX SLOT, ALLOY

e. Handlebar: ALLOY, 560MM

f. Shifter: SHIMANO NEXUS SL-3S41E

g. Bottom Bracket: STEEL BB

h. Crank Set: SAMOX SAC8-111P8P 38T, 170MM

i. Cassette: SHIMANO NEXUS 16T

j. Chain: KMC Z-610

k. Pedal: VP COMPONENT VP-113, FOLDABLE

l. Brake: ALLOY V-BRAKE

m. Wheel Set: DOUBLE WALL RIMS WITH SHIMANO NEXUS-3 HUB

n. Tire: KENDA K-154, 20”X1.75”

o. Saddle: POLYGON SADDLE, STEEL RAIL

p. Seat Post: ALLOY, 34.9X580MM

q. Wheel Size: 20”

r. Color: GRAY

s. Weight: 14 Kg

Untuk memiliki sepeda keren ini, dilansir dari website resminya polygonbikes.com, sepeda ini dibanderol dengan harga Rp 4.365.000.