Brilio.net - Selain untuk olahraga, sepeda juga bisa dipakai untuk transportasi. Terutama saat aktivitas padat merayap. Apalagi di kota-kota besar yang kerap macet, alhasil sepeda bisa jadi salah satu solusi dan pilihan terbaik. Di samping itu, bersepeda juga dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan statistik Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor menempati urutan tertinggi sebagai jenis kendaraan yang kerap mengalami kecelakaan. Data itu diambil hingga Februari 2020 lalu. Hal itu berbanding terbalik dengan penggunaan sepeda biasa.

Kendati tidak terlalu rawan kecelakaan, kamu tetap harus selalu waspada dan menjaga keselamatan diri sendiri. Bersepedalah dengan baik, sesuai jalur yang aman. Tidak ketinggalan, pakai beberapa alat untuk menunjang keselamatan bersepeda. Seperti tas sepeda, helm, pelindung siku, bel, lampu, dan peralatan lainnya.

Berbicara mengenai sepeda, fungsi alat ini bukan hanya untuk mengurangi macet dan risiko kecelakaan, poin penting lainnya adalah ramah lingkungan. Bersepeda dapat mengurangi penyebaran polusi dan menyehatkan tubuh. Sebab itu pula pemerintah terlihat sangat peduli dan justru berharap masyarakat bisa beralih ke sepeda.

Ada banyak sepeda berdasarkan jenisnya, mulai dari fixie, city bike dengan keranjang di bagian depan biasa dipakai di kota besar, sepeda lipat yang laris manis di pasaran, touring bike dan commuter bike, sepeda balap ringan dan cepat, tandem bagi kamu yang ingin berboncengan dengan pasangan, hingga BMX yang kerap dipakai untuk atraksi.

Loading...

Satu lagi jenis sepeda yang nggak kalah andal yaitu sepeda MTB (Mountain Bike) atau sepeda gunung. Sepeda satu ini dirancang khusus memiliki suspensi empuk. Jadi kamu bisa nyaman berkendara dengan sepeda gunung di berbagai trek atau lahan.

Dengan sepeda MTB, kamu bisa menyusuri bermacam-macam trek. Mulai aspal, naik gunung penuh tanjakan, kelokan, turunan, lumpur, jalan berlubang, dan trek ekstrem lainnya. Pasalnya, salah satu ciri utama dari sepeda gunung ialah ukuran tapak bannya cukup besar. Lengkap dengan ulir ban bergerigi, bak motor trail. Juga suspensi yang empuk.

Nah, salah satu sepeda gunung yang bisa kamu pilih ialah sepeda merek Polygon. Sepeda produk anak bangsa ini punya banyak jenis dan tipe keren. Salah satunya adalah Polygon Premier 4.

Polygon Premier 4 polygonbikes.com

foto: rodalink.com

Kamu bisa mendapatkan sepeda Polygon Premier 4 dengan kisaran harga Rp 3,9 juta. Berikut spesifikasi lengkap dari sepeda Polygon Premier 4, seperti dirangkum brilio.net dari laman resmi Polygon, polygonbikes.com dan rodalink.com pada Senin (22/6).

1. Brand : Polygon Premier 4

2. Frame : AL6 XC Sport Frame

3. Fork : Suntour XCM, 120MM

4. Head Set : Semi-Integrated Headset

5. Stem : Entity Sport, Alloy, E:45mm BB:31.8mm

6. Handlebar : Entity Sport, Alloy, W:740mm R:20mm BB:31.8mm

7. Rear Derailleur : Shimano Acera M360

8. Front Derailleur : Shimano Altus M313

9. Shifter : Shimano Altus M315 3X8 SPEED

10. Bottom Bracket : Cartridge BB

11. Crank Set : Alloy Crankset 42X34X24T

12. Cassette SHIMANO ALTUS CS-HG31 8-SPEED 11-32T

13. Chain : KMC Z-8.3

14. Pedal : PP PEDALS

15. Brake : Tektro MD-275 hydraulic disc brake

16. Wheel Set : X15 RIMS W/ Alloy Water Resistantce HUBS

17. Tire : Performance Tire

18. Saddle : Entity Void Saddle

19. Seat Post : Entity Sport, Alloy, 15MM OFFSET, 27.2MMX350MM

20. Bike Stand : Included

21. Wheel Size : 27.5"

22. Categories : XC, SPORT

23. Year : 2019

24. Model : Premier

25. Suspension : Hardtail

Polygon Premier 4 polygonbikes.com

foto: polygonbikes.com

Seri Premier ini akan membuatmu lebih antusias dan nggak bosan bersepeda sepanjang hari. Premier 4 dirancang jadi sepeda gunung serbaguna. Cocok bagi konsumen untuk menunjang rutinitas naik gunung, aktivitas sehari-hari, atau untuk off road ringan di akhir pekan.

Sepeda Polygon Premier 4 menawarkan jenis frame Alloy AL6, ringan dengan daya tahan prima. Geometri modern yang ada pada sepeda ini akan membuatmu lebih nyaman. Kemudian Wheel Fit Size System, dirancang dengan ukuran roda penuh perhitungan secara khusus. Tentunya roda ini mengikuti ukuran frame sepeda.

Agar lebih nyaman naik sepeda, penting buat kamu menentukan jenis ukuran yang tepat. Supaya kamu bisa lebih piawai dan cepat mengatur kontrolnya. Sepeda produk Polygon Premier sendiri menyuguhkan dua pilihan frame ukuran S, M, L dengan roda 27,5" dan frame ukuran L dan XL untuk roda berukuran 29".

Polygon Premier 4 polygonbikes.com

foto: polygonbikes.com

Untuk tinggi badan antara 152,5 cm - 165 cm tepatnya memakai sepeda ukuran S, tinggi 162,5 cm - 175 cm cocok pakai sepeda ukuran M, badan dengan rentang 172.5 cm - 185 cm cocok dengan sepeda ukuran L, dan tinggi 182,5 cm - 195 cm akan terasa nyaman jika mengendarai sepeda ukuran XL.

Kamu bisa mengukur tinggi badan dengan cara berikut. Pertama-tama, lepas sepatu. Lalu berdiri, bagian punggung menempel dinding. Posisikan kaki secara terbuka lebar, kurang dari selebar bahu. Selanjutnya, minta bantuan orang untuk mengukur dari kaki sampai ke atas kepala. Pakai ukuran dalam inci atau sentimeter (cm). Terakhir, cocokkan dengan kisaran ukuran frame yang telah disediakan oleh Polygon Premier 4.