Brilio.net - Dalam budaya masyarakat Indonesia, kamu pasti mengenal yang namanya hajatan. Hajatan ini adalah waktu orang mengadakan acara yang mengundang orang lain untuk tujuan tertentu nih. Nggak selalu berkaitan sama perayaan yang menyenangkan, tapi juga kadang untuk memperingati peristiwa sedih.

Contoh hajatan yang sering ditemui adalah resepsi pernikahan ataupun pengajian memperingati kematian orang tersayang. Nah, khusus untuk peringatan wafatnya anggota keluarga, biasanya hajatan diisi dengan pengajian. Setiap orang yang datang biasanya akan mendapat hampers atau hantaran dari sang empunya acara.

Hantaran ini beragam banget bentuknya. Ada yang memilih untuk bikin hantaran berisi sembako, ada juga yang berisi nasi plus lauk-pauk, dan ada juga yang lebih modern seperti misalnya sabun, handuk atau perlengkapan lainnya. Hal ini tergantung keinginan dan kemampuan yang punya hajat.

Tapi, ngomong-ngomong soal hajatan peringatan wafat seseorang, kayaknya ide ibu-ibu ini pas bikin hantaran bisa jadi inspirasi. Tak biasa, ibu pemilik akun TikTok @mommyell25 ini menyiapkan hantaran berupa dandang bakso plus bahan-bahan bakso yang tinggal disajikan di rumah.

hampers dandang bakso inspiratif © berbagai sumber

foto: TikTok/@mommyell25

Dandang bakso berukuran kecil ini tampak unik dengan membubuhkan stiker tanda memperingati wafat anggota keluarga. Ia pun menunjukkan momen saat mengisi dandang dengan perlengkapan membuat bakso. Lengkap mulai dari mi, bakso, pangsit hingga saus dan sambalnya, lho.

Dandang yang sudah siap dengan isian baksonya ditutup dengan tutup dandang. Tidak lupa stiker yang menandai peringatan wafat juga dipasang di setiap dandang. Dalam tulisannya, tampak hajatan itu dilakukan untuk memperingati 7 tahun wafatnya H. Yusuf Sukamto.

hampers dandang bakso inspiratif © berbagai sumber

foto: TikTok/@mommyell25

Setelah isian masuk semua dan dandang ditutup, tentu saja distribusi ke tamu undangan nggak dalam bentuk dandang begitu saja. Untuk mempercantik tampilan hantaran, dandang tersebut pun dikemas dengan kain berjaring berwarna kehijauan lalu diikat di bagian atasnya.