Brilio.net - Indonesia memiliki banyak tradisi yang terus dilestarikan sampai sekarang. Salah satunya yaitu membagikan besek berisi makanan di setiap acara hajatan seperti pernikahan, khitanan, kematian, dan sebagainya.

Tradisi ini sangat umum dilakukan di masyarakat desa di pulau Jawa. Para tamu undangan yang rata-rata adalah tetangga satu desa akan hadir dan membawa satu besek untuk dibawa pulang.

Besek yang diberikan umumnya berisi nasi, sayuran, lauk pauk, kerupuk, dan buah. Ada juga yang memberikan kue bolu utuh satu kotak. Kendati demikian, setiap daerah memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan isi besek.

Bicara soal besek hajatan, sebuah video TikTok belakangan ini viral usai memperlihatkan besek hajatan yang tidak biasa. Bukan hanya satu kotak nasi, hajatan ala sultan ini bahkan memberikan tamu undangannya air satu galon.

besek hajatan sultan © TikTok

foto: TikTok/@gnc.productions

Dilansir dari TikTok @gnc.productions, Senin (28/2), video berdurasi singkat itu memperlihatkan deretan besek yang sudah ditata rapi. Besek itu terdiri dari satu box kontainer besar dan satu galon berisi air.

"Hajatan sultan srumap Bojonegoro," tulis keterangan video @gnc.productions, Minggu (27/2).

Tamu undangan yang hadir mayoritas bapak-bapak. Sebelum membawa besek pulang, masyarakat berdoa bersama di bawah tenda.

besek hajatan sultan © TikTok

foto: TikTok/@gnc.productions

Momen hajatan ala sultan ini mengundang perhatian warganet TikTok. Mereka kebanyakan penasaran dengan isi dari box kontainer tersebut. Rupanya di dalam box besar itu terdapat satu kotak kue, empat jenis lauk, dan satu sayur, plus nasi putih.

Video yang diunggah pada Minggu (27/2) itu sudah disaksikan lebih dari 11,4 juta kali dengan tanda suka 800 ribu lebih dari pengguna TikTok. Beragam tanggapan juga memenuhi kolom komentar video tersebut.

"Yg suaminya gak ikut hadir, pasti bakal diamuk istrinya ," tulis Kang Komen.

"RUGI SING DIUNDANG RA TEKO," kata Endah Ratih.

"semoga di berikan kekuatan untuk bisa mengadakan kenduren seperti ini ... ini luar biasa," tambah Jaka.

"air segalon, karna airnya barokah udah di kasih doa , biar bs dminum orang serumah... biasanya kalok pngajian gt ..," jelas Anjarwatieka.

@gnc.productions Hajatan sultan srumap Bojonegoro #SilenceTheAcne #memoriliburan suara asli - kooo