Di Pusat Pameran Maglev Prefektur Yamanashi itu, turis dan warga Jepang juga dapat cetak biru kereta Maglev yang akan dibangun. Sebab, pameran tersebut juga terletak di salah satu lintasan uji coba kereta Maglev yang berada di Yamanashi. Di lantai pertama pameran itu, misalnya, pengunjung dapat melihat kereta Maglev MLX01-2.

Kereta cepat Jepang ©

foto: japantravel.com

Kereta tersebut, pada uji coba berawak di tahun 2003, tercatat dapat melaju dengan kecepatan 583 km/jam. Rekor tercepatnya adalah 603 km/jam. Namun, kereta komersial yang akan beroperasi pada 2027 kelak akan mempertahankan kecepatannya di kisaran 500 km/jam. Dengan begitu, diperkirakan kereta ini bisa menempuh 1 km hanya dalam waktu 8 detik.

Mengutip Japan Travel, selain menyaksikan kereta Maglev asli, pengunjung pameran juga dapat mengetahui secara interaktif cara kerja kereta Maglev. Di pameran itu juga terdapat diorama sepanjang 17 meter yang menggambarkan masa depan.

Perencanaan kereta ini memang punya kesan ambisius. Tak pelak, netizen Indonesia pun takjub ketika tahu kecepatannya yang begitu tinggi. Sembari berkata, "Pelan-pelan, Pak Sopir."