Brilio.net - Etika sangat penting dalam menjalani kehidupan. Etika nggak hanya dipelajari dalam dunia pendidikan, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Etika timbul dari kebiasaan setiap manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral atau akhlak.

Etika akan tumbuh dari proses kemasyarakatan dan hasil dari kehidupan bermasyarakat. Sebagai contoh, etika sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti mengucap salam saat bertamu ke rumah orang, meminta maaf ketika berbuat salah, dan mengucapkan terima kasih saat ada yang menolong.

Nah, lebih lanjut untuk mengetahui penjelasan mengenai, pengertian dan jenis dari etika, berikut ulasan brilio.net dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (12/5).

Pengertian etika.

Etika adalah tingkah laku manusia © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dikutip dalam buku berjudul "Pembelajaran Etika dan Penampilan bagi Millennial Abad 21" yang ditulis oleh Weny (2021), berikut pengertian etika menurut para ahli.

1. Aristoteles.

Pengertian etika dalam dibagi menjadi dua yaitu Terminius Technicus dan Manner and Custom. Terminius Technicus adalah etika yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan dengan mempelajari suatu problem tindakan atau perbuatan manusia.

Sementara, Manner and Custom adalah pembahasan etika yang berhubungan atau berkaitan dengan tata cara serta adat kebiasaan yang melekat pada kodrat manusia yang sangat terkait dengan arti baik dan buruk suatu perilaku, tingkah laku, dan perbuatan manusia.

2. Prof. DR. Franz Magnis Suseno.

Pengertian etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan dalam tindakan manusia.

3. Drs. Sidi Gajalba.

Pengertian etika adalah teori tentang perilaku atau perbuatan manusia yang dipandang dari segi baik dan buruknya sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.

4. Drs. H. Burhanudin Salam.

Pengertian etika adalah suatu cabang ilmu filsafat yang berbicara tentang nilai-nilai dan norma yang dapat menentukan perilaku manusia dalam kehidupannya.

5. Ahmad Amin.

Pengertian etika adalah suatu ilmu yang menjelaskan tentang arti baik dan buruk serta apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, juga menyatakan sebuah tujuan yang harus dicapai manusia dalam perbuatannya dan menunjukkan arah untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

6. Maryani Ludigdo.

Pengertian etika adalah seperangkat norma, aturan atau pedoman yang mengatur segala perilaku manusia, baik yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan yang dianut oleh sekelompok masyarakat atau segolongan masyarakat.

7. Ramali dan Pamuncak.

Pengertian etika adalah pengetahuan tentang perilaku yang benar dalam profesi.

8. K. Bertens.

Pengertian etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral, yang jadi pegangan seseorang atau suatu kelompok untuk mengatur perilaku.