Brilio.net - Dalam agama Islam, sholat termasuk rukun Islam yang kedua. Secara hukum, sholat terbagi menjadi dua yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah.

Sholat fardhu yaitu yang dikerjakan lima kali dalam sehari, dimulai dari sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya. Sedangkan sholat sunnah merupakan ibadah yang sifatnya sunnah untuk dikerjakan. Jadi, apabila dikerjakan mendapat pahala, namun bila tidak dikerjakan tidak menambah dosa.

Ada banyak sholat sunnah yang dapat dilaksanakan, salah satunya sholat tasbih. Sholat tasbih adalah sholat yang setiap rakaatnya membaca tasbih sebanyak 75 kali. Sholat tasbih memiliki empat rakaat, maka keseluruhan bacaan tasbihnya berjumlah 300 kali.

Sholat tasbih memiliki banyak keutamaan sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Thabrani yang bersumber dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, "bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa yang terdahulu atau yang akan datang, yang lama atau yang baru, yang sengaja atau tanpa sengaja, yang kecil atau yang besar, dan yang sembunyi atau terang-terangan."

Sholat tasbih dikerjakan satu kali dalam sehari semalam, atau kalau tidak sempat dapat dikerjakan sekali dalam satu minggu. Rasulullah SAW menganjurkan supaya umatnya melaksanakan sholat tasbih setidaknya satu kali dalam seumur hidup.

Bacaan tasbih dalam sholat yaitu "subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar." Artinya, "Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."

Lebih lanjut, berikut ulasan brilio.net dari berbagai sumber, doa sholat tasbih lengkap dengan tata cara dan keistimewaannya, Rabu (20/4).