Brilio.net - Setelah melakukan ibadah puasa satu bulan penuh, kini saatnya umat muslim menyambut hari raya Idul Fitri yang menjadi hari kemenangan. Hari raya Idul fitri merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia.

Idul Fitri diartikan sebagai hari yang suci atau hari saat seluruh umat Islam terlahir kembali dengan keadaan yang bersih dari dosa. Maka dari itu, setiap hari raya Idul Fitri identik dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan. Selain itu, hari raya Idul Fitri juga penting untuk introspeksi diri, setelah melatih kesabaran dan hawa nafsu selama satu bulan.

Hari raya Idul Fitri dirayakan setiap tanggal 1 syawal dan saat itu pula umat muslim melakukan satu ibadah, yaitu sholat Idul Fitri atau sholat Ied. Sholat Idul Fitri lebih baik dijalankan secara berjamaah.

Nah, untuk menyambut hari kemenangan tersebut maka perlu mempersiapkan diri. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, inilah doa sholat Idul Fitri lengkap dengan niat, tata cara, dan keutamaannya, Minggu (1/5).