Brilio.net - Di bulan Ramadhan seperti saat ini, sholat tarawih menjadi ibadah yang khas dilakukan tiap malam. Selain puasa, sholat tarawih juga menjadi salah satu ibadah yang spesial.

Sholat tarawih ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Pelaksanaan ibadah ini dilakukan guna menghidupkan malam-malam Ramadhan.

Tarawih dalam bahasa Arab diartikan sebagai waktu sesaat untuk istirahat. Waktu pelaksanaan sholat sunah ini ialah selepas sholat isya hingga terbitnya fajar.

Hukum melaksanakan sholat tarawih adalah sunat muakkad, dan boleh dikerjakan sendiri atau berjamaah. Apabila mengerjakan sholat tarawih maka akan mendapatkan pahala yang besar serta semua dosa-dosanya akan diampuni Allah SWT.

Walaupun boleh dikerjakan sendiri di rumah, tapi sholat tarawih dianjurkan dilaksanakan berjamaah di masjid. Sebab mengerjakan di masjid memiliki keutamaan tersendiri di mana dapat meningkatkan silaturahmi dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Terdapat sejumlah pendapat mengenai jumlah rakaat sholat tarawih. Sholat tarawih bisa dikerjakan 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir, ada pula yang melaksanakan 20 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir.

Jangan lupa setelah melaksanakan sholat tersebut, diikuti dengan doa sesudah sholat tarawih dan sholat witir.

Tata cara sholat tarawih berjamaah.

Doa sesudah sholat tarawih dan sholat witir © 2020  freepik.com

foto: freepik.com

Berikut urutan tata cara sholat tarawih berjamaah:

1. Niat sholat tarawih sesuai dengan posisinya sebagai imam atau makmum.
2. Ketika takbiratul ihram mengucap takbir
3. Selesai takbiratul ihram membaca surat Al-Fatihah
4. Kemudian dilanjutkan membaca salah satu surat dalam Alquran
5. Rukuk.
6. Iktidal.
7. Sujud pertama.
8. Duduk di antara dua sujud.
9. Sujud kedua.
10. Bangkit dari duduk untuk mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama.
11. Salam pada rakaat kedua (Jika mengikut kepada yang dua rakaat-dua rakaat), lanjut sampai rakaat keempat baru salam (Jika mengikut kepada pendapat yang empat rakaat-empat rakaat).

Setelah melaksanakan sholat diperbolehkan lanjut melaksanakan sholat witir sedikitnya 1 rakaat, dan lazim dilakukan kebanyakan kaum muslimin sebanyak 3 rakaat.

Doa sesudah sholat tarawih.

"Allaahummajalnaa bil ilmaani kaamildna , walifaraa idlika mu-addiina wa 'alash shalawati mu haafizhi1na, waliz zakaati faa'i lina, walimaa 'indaka thaalibiina wali'afwi ka raajiina, wabil hudaa mutamassikiina, wa'anil laghwi mu'ridliina, wafiddun-yaa zaahidiina, wafil aakhirati raaghibiina, wabil qadlaa i raadlina, wabin na'maa i syaakirii na, wa'alal balaa-i shaabiriina watahta li waa-i sayyidinaa muhammadin shallallaahu 'alaihi wasallama y aum a l qiyaamati saa-irii na, wa'alalhaudli waaridiina, wafil j an n ati daakhilnna wa 'alaa sariiratil kara am ati qatdiin, wabihlurin tinin mijtazawwijiina, w amin sundlsin wa istabraqin wadiibaajin mutalabbishna, wamin tha'aamil jannati aakiliina, wamin labanin wa 'asalin mushaf fdna syaaribiina bi-akwaabin wa-abaariiqa waka'sin min matinin ma'allaadziin a an'amta 'alaihim minannabiyyhna wasii shiddiiqiina wasy syuhadaa-i wash shaalihiin a wahasuna ulaaika rafiiqaa, dzaalikal fadl lu minal laahi wakafaa billaahi 'aliimaa, wal hamdu lillaahi rabbil 'aalamiina."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah kami (orang-orang) yang imannya sempurna, dapat menunaikan segala fardlu, menjaga sholatnya, menunaikan zakat, menuntut/mencari segala kebaikan di sisiMu, mengharap keampunanMu, senantiasa memegang teguh petunjuk-petunjukMu, terlepas/terhindar dari segala penyelewengan dan zuhud di dunia dan mencintai amal untuk bekal di akhirat dan tabah (sabar) menerima cobaan, mensyukuri segala ni'matMu dan semoga nanti pada hari kiamat kami dalam satu barisan di bawah naungan panji panji junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan melalui telaga yang sejuk, masuk di dalam surga, terhindar dari api neraka dan duduk ditahta kehormatan, didampingi oleh bidadari surga, dan mengenakan baju-baju kebesaran dari sutera mewarna-warnai, menikmati santapan sorga yang lezat, minum susu dan madu yang suci bersih dalam gelas-gelas dan kendi-kendi yang tak kering-keringnya, bersama-sama dengan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat pada mereka dari golongan para nabi, shiddiqin dan orang-orang yang shahid serta orang-orang shaleh. Dan baik sekali mereka menjadi teman teman kami. Demikianlah kemurahan dari Allah SWT dan kecukupan dari Allah Yang Maha Mengetahui. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam."

Doa setelah sholat witir.

Doa sesudah sholat tarawih dan sholat witir © 2020  freepik.com

foto: freepik.com

"Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wanas'aluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi."

"Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina."

Artinya:

"Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami sholat kami, puasa kami, sholat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."