Brilio.net - Bagi setiap manusia pasti pernah merasakan mimpi, entah saat tidur siang atau di malam hari. Pada dasarnya mimpi merupakan sebuah pengalaman alam bawah sadar seseorang yang dapat melibatkan indera penglihatan, pendengaran, pikiran, bahkan perasaan. Maka dari itu, terkadang seseorang dapat merasakan emosi yang terjadi dalam mimpi, seperti halnya bahagia, sedih, bahkan rasa takut.

Banyak yang menyebutkan bahwa mimpi adalah bunga tidur, namun tak jarang jika seseorang mengalami mimpi yang buruk pasti membuat tak tenang dan gelisah. Dalam suatu hadits dikatakan bahwa ketika seseorang bermimpi buruk maka jangan ceritakan kepada orang lain, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Bukhari.

"Mimpi baik itu dari Allah. Jika kalian mimpi sesuatu yang kalian sukai, maka jangan kalian ceritakan kecuali pada orang yang juga ikut menyukai mimpi tersebut. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian suka, maka memohonlah perlindungan pada Allah atas keburukan mimpi tersebut dan dari keburukan setan, meludahlah tiga kali dan jangan kalian ceritakan pada siapa pun, maka mimpi buruk itu tidak akan membahayakan pada kalian." (HR. Bukhari).

Memang pengalaman tidur, nggak semuanya indah terkadang jika bermimpi buruk akan menjadikan seseorang merasa takut. Nabi Muhammad SAW memberikan sebuah doa bagi para umat muslim yang terbangun saat mengalami mimpi buruk.

Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, doa mimpi buruk beserta arti dan sunnahnya menurut Rasulullah, Jumat (22/4).