Brilio.net - Tubuh yang sehat adalah salah satu hal yang sangat mahal. Hal ini karena sehat merupakan kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia. Salah satu bentuk syukur yang diajarkan oleh Islam kepada setiap umatnya adalah memanfaatkan masa sehatmu dengan baik sebelum masa sakit itu datang, Rasulullah bersabda:

"Manfaatkan sehatmu sebelum sakitmu, dan hidupmu sebelum matimu." (HR. Tirmidzi). Maka dari itu, setiap manusia perlu menjaga tubuhnya agar senantiasa diberikan kesehatan dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup, dan diimbangi dengan olahraga.

Setiap manusia tentu ingin selalu sehat tanpa merasakan sakit, namun tidak ada orang yang tidak pernah sakit. Sakit menjadi sebuah bukti manusia adalah makhluk yang lemah. Saat sedang sakit aktivitas akan jadi terbatas, bahkan mengecap makanan saja menjadi tidak enak.

Ketika sedang merasakan sakit seseorang tentu akan melakukan perawatan yang lebih intensif dengan menjalankan pengobatan secara medis atau alternatif. Meski demikian, dalam ajaran Islam datangnya sakit menjadi sebuah ujian yang harus dilewati manusia. Maka dari itu, saat sakit manusia dianjurkan untuk tetap mengingat Allah dengan cara berdoa. Cara ini menjadi sebuah pelindung agar segera diberikan kesehatan oleh Allah.

Nah, berikut doa-doa yang perlu dipanjatkan untuk meminta kesembuhan penyakit sesuai ajaran Islam yang wajib dihafalkan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (3/5).