Brilio.net - Seluruh manusia yang hidup di dunia pasti nantinya akan binasa, karena kehidupan di dunia hanya sementara sedangkan akhirat adalah kehidupan yang kekal dan abadi.

Setiap umat Islam tentu menginginkan ketika meninggal dalam kondisi baik dan husnul khatimah. Meninggal dalam keadaan husnul khatimah berarti diridhoi oleh Allah SWT.

Husnul berasal dari kata "hasan" yang berarti "baik". Sementara khotimah berarti "akhir" atau dapat diartikan dengan akhir kehidupan atau meninggal. Makna dari husnul khatimah adalah meninggal saat (keadaan) yang terbaik.

Harapan setiap manusia tentu untuk selalu beriman kepada Allah hingga akhir hayat dan berharap saat meninggal dapat mengucapkan syahadat ketika nyawa dicabut oleh malaikat. Seseorang yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah, Allah telah menjajikan surga, sebagaimana sabda Rasulullah:

"Barang siapa sampai akhir hayatnya tetap pada suatu keyakinan ucapan kalimat lailahaillallah pasti masuk surga."

Oleh sebab itu, persiapkan iman dan kebaikan di dunia sebaik mungkin dengan cara bertakwa kepada Allah dan menjalankan amalan-amalannya. Tak lupa juga untuk selalu memanjatkan doa husnul khatimah yang dapat dibacakan setelah sholat fardhu.

Lebih lanjut, berikut doa husnul khatimah dan amalan yang dilakukan sesuai ajaran Nabi, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/4).