Brilio.net - Ketika tertidur, terkadang beberapa hal membuat seseorang terbangun di tengah malam, entah itu karena mimpi maupun hal-hal lainnya. Islam memang begitu sempurna, tidak ada satu pun kegiatan luput dari doa, termasuk ketika kamu terbangun di tengah malam ada doa yang bisa kamu baca agar hati menjadi lebih tenang.

Doa ketika terbangun di tengah malam ini diajarkan Rasulullah SAW dan dan ulama. Dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit radhiallahu ‘anhu dari Rasulullah SAW beliau bersabda, “Barang siapa yang terbangun dari tidurnya pada malam hari, kemudian dia mengucapkan,

Doa ketika terbangun di tengah malam Berbagai sumber

foto: istimewa

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syay-in qadri, alhamdulillah wa subhanallah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la hawla wa la quwwata illa billah.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku atau dia memanjatkan doa, hal tersebut (istigfar maupun doa itu) akan dikabulkan. Kemudian jika dia berwudhu lalu mendirikan shalat, shalatnya tersebut akan diterima (di sisi Allah)." (HR Al-Bukhari, Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah; lihat Shahih At-Targhib wa At-Tarhib).

Doa lain yang bisa dibaca sesuai ajaran Rasulullah

Doa ketika terbangun di tengah malam Berbagai sumber

foto: istimewa

Lâ ilâha illâ anta. Subhânakallâhumma, astaghfiruka li dzanbî, wa as’aluka rahmataka. Allâhumma zidnî ‘ilmâ, wa lâ tuzigh qalbî ba‘da idz hadaitani, wa hab lî min ladunka rahmatan innaka antal wahhâb.

Artinya: "Tiada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Aku memohon ampunMu atas dosaku. Aku mengharapkan rahmatMu. Tuhanku, tambahkan ilmuku. Jangan Kau sesatkan batinku setelah Kau berikan petunjuk padaku. Berikan aku rahmat dari sisiMu. Sungguh, Engkau Maha Pemberi."

Dari Abu Abdillah al-farabri rahimahullah , salah seorang yang meriwayatkan hadits dari Imam al-Bukhâri, dia mengatakan, "Saya membaca dzikir ini ketika aku terbangun, kemudian setelah itu aku tidur. Dalam tidur itu, aku didatangi oleh seseorang dan membacakan ayat:

Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang Terpuji. (Al-Hajj/22:2).