Brilio.net - Tak lama lagi bulan suci Ramadhan segera hadir, diperkirakan pada 11 Maret 2024 mendatang menjadi hari pertama umat muslim di berpuasa. Pastinya menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu setiap umat muslim di dunia. Pasalnya di bulan Ramadhan menjadi bulan penuh keberkahan dan menjadi kesempatan berharga bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta meningkatkan ketakwaan.

Pada bulan suci Ramadhan, setiap umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selama melakukan ibadah puasa, umat muslim harus menahan makan serta minum dari waktu sahur (subuh) sampai dengan waktunya berbuka puasa saat adzan maghrib dikumandangkan.

Setelah menjalankan puasa, tibalah setiap umat muslim berbuka puasa. Saat buka puasa juga ada doa yang menjadi amalan bagi setiap muslim. Nah, berikut ini penjelasan doa buka puasa, keutamaannya, maupun manfaat menjalani puasa Ramadhan dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (5/3).

Doa buka puasa Ramadhan beserta arti, manfaat dan keutamaannya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Doa buka puasa diucapkan saat akan membatalkan puasa ketika matahari terbenam, selain itu juga waktu buka puasa ditandai dengan berkumandangnya adzan magrib.

"Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin."

Artinya:

"Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmat Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Namun, terdapat pula sebuah hadits shahih tentang doa berbuka puasa, yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

"Dzahabazh zhomau wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru insya Allah."

Artinya:

"Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357])."

Doa buka puasa Ramadhan beserta arti, manfaat dan keutamaannya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com