Awalnya foto di momen pernikahan itu terlihat biasa saja. Namun, di slide selanjutnya, wanita ini menunjukkan kisah tak terduga di mana laki-laki yang menikahi kakaknya tersebutlah yang kemudian menjadi jodohnya. Pernikahan sang kakak dengan laki-laki yang kini menjadi suaminya terjadi pada tahun 2015. Sementara ia menikahi kakak iparnya tersebut pada 2023.

"Tak ada yang menyangka," tulisnya di caption.

turun ranjang © TikTok

foto: TikTok/@sntafby__

Diketahui, lokasi video tersebut berada di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Postingan viral ini pun langsung mengundang perhatian netizen. Mereka mencurigai bahwa wanita tersebut menjadi pelakor kakak kandungnya sendiri.

"Mbaknya bukan pelakor kan?" tanya akun @dnbrdj_

turun ranjang © TikTok

foto: TikTok/@sntafby__

Meski tak ada penjelasan langsung dari wanita pembuat video, tapi penjelasan tersebut sedikit tergambar lewat tagar di postingan. Terlihat salah satu tagar berupa #turunranjang yang langsung menjadi asumsi netizen bahwa ini adalah prosesi turun ranjang.

"Jangan salah paham gaes, biasanya turun ranjang itu kakaknya meninggal," tulis akun @coffemacadamia.

turun ranjang © TikTok

foto: TikTok/@sntafby__

Turun ranjang adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pernikahan antara seorang laki-laki dengan adik iparnya, yaitu adik perempuan dari istrinya yang telah meninggal dunia. Praktik tersebut diperbolehkan dalam islam berdasarkan hadis nabi yang diriwayatkan oleh Abu Daud

"Tidak mengapa seorang laki-laki menikahi wanita yang telah dinikahi oleh saudaranya, jika saudaranya itu telah meninggal dunia." (HR. Abu Daud)

Penelitian tentang pernikahan turun ranjang telah dilakukan oleh beberapa peneliti di Indonesia. Salah satu penelitian yang dilakukan adalah oleh peneliti dari Universitas Gadjah Mada yang berjudul "Pernikahan Turun Ranjang: Tinjauan Sosiologis". Penelitian ini menemukan bahwa pernikahan turun ranjang merupakan praktik yang masih sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah pedesaan.

Karena postingan ini, netizen beramai-ramai memberi pandangan di kolom komentar. Ada yang mengatakan bahwa apakah dunia terlalu sempit sehingga menikah dengan ipar sendiri. Dan ada juga yang membagikan kisah serupa.

"Sesempit itukah dunia?" tanya akun @cha4nj4y

"The real mitos nggak boleh foto bertiga nanti ada yang meninggal duluan," tulis akun @jahraaps

"Gue sampai ngomong HAH???" kata akun @cicaycantik22 terkejut.

"Dulu saya juga dilamar sama kakak ipar. Karena kakak saya udah meninggal. Tapi orang tua saya nggak izinin, karena usia kita terlalu jauh, udah kayak anak ke bapak sendiri," cerita akun @farikha.alfatih.

turun ranjang © TikTok

foto: TikTok/@sntafby__

Dari postingan tersebut diunggah hingga artikel ini ditulis, akun @sntafby__ sudah menghimpun 3 juta penonton. Selain itu terdapat juga 129.200 akun yang memberi like dan 6436 komentar.