Hanya saja untuk kamar mandi dan cuci jemur memang belum direnovasi, sehingga tampilannya terkesan apa adanya. Walaupun potret kamar mandi sebelum di-renov terbilang bersih, namun masih ada saja yang mencibir dengan berkata kamar mandinya kumuh.

renovasi kamar mandi kumuh © TikTok

foto: TikTok/@marissahandayani19

Di tempat mencuci dan jemur baju, kondisi ruangannya masih terbuka alis tanpa atap dan cuma ada tembok penyekat. Lantai masih bentuk semen, sehingga muncul lumut di sekitar jemuran. Banyak perabotan yang belum ditata dan membuat tempat ini terlihat berantakan.

Tapi berkat kesabaran dan kerja keras Marissa dan suami, mereka bisa meng-upgrade rumah mereka lebih baik lagi. Marissa renovasi bagian belakang rumah dengan merombak hampir 50 persen dari bentuk aslinya.

renovasi kamar mandi kumuh © TikTok

foto: TikTok/@marissahandayani19

Pertama, dia mengganti peralatan dan perabotan di kamar mandi seperti menambah shower serta water heater supaya nggak perlu tampungan air lagi. Dinding dipasang keramik, lantai dipasang tegel baru, serta ada tempat sabun di dekat pintu.

Sementara area menjemur juga dirombak habis-habisan oleh Marissa. Jika dulunya lantai masih semen ekspose, kini sudah dipasang keramik. Dinding rumah dibuat tinggi dari sebelumnya. Marissa memasang kanopi transparan supaya kalau hujan nggak perlu angkat jemuran. Perabotan juga sudah makin tertata dari sebelumnya.

renovasi kamar mandi kumuh © TikTok

foto: TikTok/@marissahandayani19

Perubahan drastis dari kamar mandi dan tempat mencuci ini membuat takjub siapa saja yang menonton. Bagi Marissa, untuk menciptakan rumah impian versinya itu butuh proses masing-masing. Jadi dia berharap prosesnya membuat rumah idaman tidak dibandingkan dengan proses orang lain.

"Setiap orang ada prosesnya masing2. Kita punya garis start dan finish yang berbeda. Jangan pernah membandingkan proses kita dengan orang lain ," tulisnya.

"betul kak. semua butuh proses. pelan2 tapi ada perubahan. smg istanaku juga bisa lebih baik lagi," kata Fransiska Mutahar.

"Sama banget dgn aku, belakang kumuh krn tmpt jemuran, taro kolam, ember cucian tp punya rencana mau renov lg kumpulin uang," ujar Lailatulfitrit.

"Semangat Bun.. semoga bisa juga renovasi rumah cantik," timpal Sinta.

@marissahandayani19 Setiap orang ada prosesnya masing2. Kita punya garis start dan finish yang berbeda. Jangan pernah membandingkan proses kita dengan orang lain #iderenovasirumah #inspirasirumah #housetour #iderumahminimalis #hometour #homedecor #kontenbersihbersih #rumahminimalis #renovasirumah #roomdecor #roomtour #rumahsederhana #irtproduktif suara asli - yt : marissa handayani