Dari kejadian itu, Mancho bertekad ingin mengharumkan nama baik almamaternya sampai ke tingkat nasional. Dia membalas kebaikan gurunya itu dengan mewakili sekolahnya maju ke tingkat Nasional untuk lomba Olimpiade Science.

foto: Instagram/@santosoim

Sebagai anak yang memiliki tekad kuat dan senang belajar, Mancho bermimpi ingin kuliah. Kendati sang ayah tidak mengizinkan karena dirinya hanya pekerja serabutan, tapi Mancho bersikukuh.

Dia pun rajin ikut lomba karena hadiah dari kompetisi tersebut bisa ditabung untuk daftar kuliah. Mancho punya keinginan masuk jurusan Teknik Metalurgi. Selama proses pendaftaran, Mancho sengaja tidak memberitahu ayahnya sebab setelah lulus Mancho diminta langsung bekerja.

foto: Instagram/@santosoim

Namun dengan kerja keras dan uang yang dia punya hasil dari hadiah lomba, Mancho Resvana berhasil masuk jurusan yang dia mau di Institut Teknologi Bandung lewat jalur bidik misi. Setelah keterima, dia pun baru memberanikan diri mengatakan kepada sang ayah.

"setelah keterima metalurgi dengan beasiswa Bidik Misi, ia pun baru memberitahu ayahnya, kalau ia akan ada yg menguliahkan dan dapat uang bulanan," ungkapnya.

foto: Instagram/@santosoim

Tahun lalu Mancho baru saja menamatkan pendidikan sarjananya. Sekarang, Mancho Resvana sudah bekerja di sebuah bank ternama dunia asal Australia yaitu Commonwealth Bank bagian Risk Project and Decision Management.

"kita tak bisa memilih untuk lahir seperti apa, tapi kita bisa memilih untuk tidak menyerah pada keadaan," pungkas akun @santosoim.

Postingan yang sangat menginspirasi ini berhasil menggugah para warganet di Instagram. Mereka juga meninggalkan komentar untuk Mancho yang membanggakan.

" luar biasa tetaplah jd anak yg rendah hati, semangat dan lanjutkan menjadi orang yg berdampak bagi orang lain di sekitarmu.. ," kata @isakauj.

"Keren bgt mancho, semoga sandwich gen putus di generasi kamu. Btw mancho ini yg bawain anggur ijo ya mas ," kata @sararock87.

"Senjata paling ampuh untuk melawan kemiskinan adalah pendidikan ," ujar @luthfia_lutfi.

"Semangat untuk semua anak & para orgtua.... Kita tidak pernah tau akan bagaimana kedepannya kehidupan kita, yang harus kita lakukan adalah terus berdoa, berusaha dan terus semangat," timpal @andahrs53.