Brilio.net - Pernah dengar nama kedai Bento Kopi? Salah satu Kedai kopi yang menjamur di berbagai daerah di Jawa? Mungkin kamu salah satu orang sering nongkrong di kedai itu. Tahu nggak sih kalau di balik suksesnya kedai Bento Kopi ada sosok pendirinya yang berjuang dari nol hingga berhasil mendirikan berbagai brand kedai kopi dan resto hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Sosok itu adalah Hairul Umam Bento. Hairul Umam Bento lahir pada 20 Februari 1992 di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pria yang akrab disapa Bento itu merupakan pengusaha muda yang sukses merintis bisnis kafe dan restoran hingga menjadi miliarder di usia yang masih tergolong muda, yaitu 31 tahun.

Jauh sebelum sukses jadi miliarder di usia muda, Hairul Umam Bento menjalani sepak terjang bisnis F&B yang tidak mudah. Awal merintis bisnis ia baru saja menjadi mahasiswa semester 2 yang tengah sibuk dengan kehidupan kuliah. Berbekal tekad dan keberanian menjalani kehidupan di tanah rantau, Hairul Umam Bento sukses menapaki kesuksesannya kini. Seperti apa kisahnya?

Latar belakang nama Bento.

Kisah inspiratif Umam Bento jadi miliarder di usia muda © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@umambento

Hairul Umam Bento lahir dari pasangan suami istri H Marzuki dan Hj Nurul Jannah. Keduanya merupakan penduduk asli Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Sang ayah berprofesi sebagai guru SD dan ibunda seorang ibu rumah tangga.

Layaknya anak-anak umumnya, dia juga mengikuti pendidikan formal di mana dia lulus dari SD Negeri Kaduara Barat 3 Pamekasan di tahun 2004. Kemudian Umam Bento melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan dan berhasil lulus pada tahun 2007.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum yang berlokasi di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan dan lulus tahun 2010. Merasa pendidikan menjadi nilai penting dalam hidupnya, ia pun melanjutkan pendidikan Sarjana di Universitas Islam Indonesia (UII) dengan full beasiswa.

Saat ditemui brilio.net, Hairul Umam Bento menuturkan bahwa nama Bento sendiri terinspirasi dari masa SD. Jadi, semasa SD di kelasnya ada 2 orang dengan nama Hairul Umam. Ketika dipanggil guru otomatis dua murid yang mengacungkan tangan. Dari pada bikin bingung, sang gurunya pun memberi nama kedua muridnya itu dengan tambahan inisial di nama belakang mereka menjadi Hairul Umam A dan Hairul Umam B. Hairul Umam B nama yang diperolehnya saat itu.

Hingga nama itu pun selalu digunakannya ketika SMP sampai SMA, namun karena sering ditanyai B artinya apa, akhirnya Hairul Umam mencari makna huruf B itu sendiri. Pencarian namanya pun cukup sederhana, ia mendengar lagu dari karya Iwan Fals berjudul 'Bento' dengan lirik yang menginspirasi Umam kala itu.

"Namaku Bento rumah real estate. Mobilku banyak harta berlimpah. Orang memanggilku bos eksekutif. Tokoh papan atas, atas segalanya (Asyik!)" Ungkap Hairul Umam Bento kala ditemui brilio.net pada Selasa (11/12)

Mendengar lirik yang seperti itu Hairul Umam terinspirasi menyematkan kata 'Bento' pada namanya. Tampaknya nama itu pun menjadi panggilan hati dan doa bagi si Umam Bento remaja. Dan ketika menikah membutuhkan nama belakang sehingga ia pun memutuskan meresmikan namanya menjadi Hairul Umam Bento. Ia pun lebih akrab disapa 'Bento'. Nama Bento itu pun disematkan pada usaha pertamanya yang awalnya bernama 'English Cafe' kemudian diganti menjadi Bento Kopi.