Dalam toilet tersebut, baknya pun berisikan gayung dengan pasir. Toilet unik ini benar-benar jarang ada di Indonesia. Meski sekilas seperti menjadi kucing, toilet itu dibangun tidak sembarangan, lho.

Rupanya, toilet dengan pasir itu memang belum awam digunakan. Namun, pemakaiannya pun disebutkan untuk penggunaan toilet yang lebih ramah lingkungan. Toilet ini ternyata sudah digunakan di berbagai negara barat, seperti Finlandia, Swedia, Inggris, Kanada, dan sejumlah tempat lainnya.

toilet siram pakai pasir © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@djdesa_official

Berdasarkan penuturan warganet, toilet tersebut dikenal sebagai toilet kompos. Dilansir dari berbagai sumber, toilet kompos biasanya menggunakan serbuk kayu yang terdapat mikroorganisme pengurai serta tidak menimbulkan bau. Jadi, jangan dibayangkan seperti pasir kucing, ya.

Warganet ramai-ramai mengomentari postingan video tersebut. Tak sedikit yang merasa kaget dengan penggunaannya yang tak lazim. Namun, ada beberapa yang sudah memahami fungsi toilet tersebut.

"Itu toilet go green, biasa dipake di rumah kecil (tinyhouse) buat hemat air, nanti limbahnya bisa dijadiin pupuk," kata @enhadf.

"Tetep gua gabisa tanpa ada air, karna gue kalo cebok minimal seember penuh," kata @alyadellareza.

"Aku yg cebok pake air seember nangis nengok ini," kata @karlistarey.

"Gw paling g bisa klo g pake air," kata @gwhanim.

"Dikira kucing apa. yak," kata @_akbar_013.

"Berasa jadi kuciiing," kata @_intanwe.

@djdesa_official

Pertama kali nemu toilet kyk gini unik bangett

suara asli - DJ DESA