Brilio.net - Rumah panggung merupakan desain rumah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, terutama di daerah seperti Kalimantan dan sekitarnya. Rumah panggung dipilih sebagai alternatif desain yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Sekadar informasi, zaman dulu rumah panggung sering ditemukan di daerah pesisir pantai dan lingkungan perbukitan.

Seiring berkembangnya zaman, keberadaan rumah panggung telah mengalami modifikasi. Hunian tersebut bukan cuman diperuntukkan sebagai tempat berlindung dari hewan buas, tapi juga tempat istirahat yang nyaman dan sedap dipandang. Beberapa modifikasi rumah panggung mengarah ke desain modern minimalis atau mewah bak hotel.

Brilio.net melansir dari akun TikTok @cinderzhella pada Kamis (5/1), sebuah rumah panggung disulap menjadi hunian mewah bak hotel. Sebagaimana rumah panggung pada umumnya, bangunan ini terbuat dari kayu dan atap seng.

rumah panggung tampak mewah © TikTok

foto: TikTok/@cinderzhella

Banyak tiang yang digunakan sebagai penyangga atap. Dinding rumah bukan terbuat dari batu bata dan semen, melainkan bilah kayu yang disusun menyamping. Tidak ada sekat atau tembok yang membatasi antar ruang, sehingga rumah tampak luas. Selain itu terdapat banyak jendela dan pintu di samping rumah.