Brilio.net - Memiliki rumah sendiri tentu jadi impian banyak orang, terutama bagi yang sudah dewasa dan mapan secara ekonomi. Namun sayangnya, punya rumah sendiri ini bukan perkara mudah. Selain modal untuk membeli atau membangun, ada banyak hal lain yang juga harus diperhitungannya saat ingin memiliki hunian sendiri.

Selain lokasi, bentuk bangunan dan kondisi bangunannya juga harus diperhatikan. Meski hanya punya modal terbatas, bukan berarti kamu asal-asalan membeli rumah. Asal membeli rumah yang memiliki kualitas bangunan buruk justru akan membawa kerugian di masa mendatang.

Pasalnya, kamu bakal sering mengeluarkan budget tak terduga untuk merenovasi. Pertimbangan ini nggak hanya berlaku buat yang ingin membeli rumah baru, tapi juga buat kamu yang mencari kontrakan atau kos-kosan. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek kondisi bangunan, apakah sudah sesuai kualitas dan tidak rapuh.

Hal ini berguna untuk jangka panjang agar kondisi rumahmu tidak gampang rusak. Salah satu bagian rumah yang perlu dicek kualitasnya adalah lantai dan kamar mandi. Selain bertanya pada kontraktor atau pemilik rumah, kualitas lantai dan kamar mandi ini juga bisa dicek sendiri dengan trik sederhana yang dibagikan pengguna TikTok @braynathanael.