Brilio.net - Atap rumah merupakan salah satu bagian penting di dalam sebuah hunian karena berfungsi sebagai pelindung dari hujan dan paparan sinar matahari. Belakangan banyak yang menggunakan baja ringan sebagai material untuk atap rumah. Setelah dipasang baja ringan, atap diberi plafon.

Plafon merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi ruangan. Plafon juga berfungsi untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tak langsung masuk ke dalam rumah setelah melewati atap. Tapi belakangan penggunaan plafon juga digunakan untuk mempercantik interior sebuah ruangan.

Banyak jenis plafon yang biasa digunakan, mulai dari plafon dari bahan pvc, kayu, triplek, aluminium, hingga gypsum. Plafon gypsum banyak digunakan karena proses pemasangannya yang cepat dan mudah diperbaiki jika ada kerusakan.

Permasalahan yang kerap muncul pada bagian atap dan plafon adalah kebocoran karena tetesan air hujan. Atap rumah yang bocor membuat tetesan air hujan menembus ke plafon. tetesan air tersebut membuat plafon lembap dan akhirnya timbul jamur.

Kalau sudah begini, plafon harus diperbaiki supaya ruangan nyaman digunakan. Buat kamu yang mengalami hal serupa, kamu bisa mencoba trik mudah yang dibagikan oleh akun TikTok @mixnmaxnco. Plafon yang terkena jamur karena tetesan air bisa kembali bersih dengan tambahan satu bahan dapur lho.

trik hilangkan jamur di plafon yang dicat warna putih © berbagai sumber

foto: TikTok/@mixnmaxnco