Dalam video tersebut, terlihat seorang pria Indonesia membagikan momen pertama kali menunaikan salat tarawih di Turki. Cowok ini membagikan potretnya dengan menggunakan gamis hitam saat tengah menuju sebuah masjid di Turki.

momen salat tarawih di Turki TikTok

foto: TikTok/@usmankusumaa

Terlihat dalam video tersebut para jamaah tampak memenuhi masjid. Tampak juga beberapa anak kecil mengikuti salat tarawih. Seperti halnya di Indonesia, mereka terlihat bergerombol membentuk shaf sendiri.

Pria tersebut mengatakan salat tarawih di Turki terbilang sangat cepat. Pasalnya, jamaah menunaikan 20 rakaat salat tarawih hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.

"Kalian pasti kaget banget ngeliat salat tarawih secepat itu, sama gua juga sampai gak sempat nafas deh kayaknya gue," tulis cowok tersebut dalam caption video.

momen salat tarawih di Turki TikTok

foto: TikTok/@usmankusumaa

"Tarawihnya 20 rakaat cuma 30 menitan guys, mantap banget," sambung pria itu.

Cowok tersebut membandingkan, jika di Indonesia salat tarawih yang cepat itu ketika sang imam salat membaca surat pendek dalam Al-Quran pada setiap rakaatnya, di Turki sang imam hanya membaca 1-2 ayat pendek dalam Al-Quran.

Hal itulah yang membuat si cowok menilai salat tarawih di masjid Turki ini jadi lebih cepat dibandingkan di Indonesia.

momen salat tarawih di Turki TikTok

foto: TikTok/@usmankusumaa

Video yang sudah ditonton 594 ribu kali ini membuat banyak warganet meninggalkan berbagai respons terhadap momen tarawih di Turki yang dibagikan oleh pria pemilik akun @usmankusumaa tersebut.

"Gua pusing sih kalau salatnya cepat banget," komentar pemilik akun @lynxxyz1.

"Sama kayak di tempat gua cuma 30 menitan," kata akun @rbhldwy menimpali.

"Mungkin tergantung masjidnya kali ya, sama kayak di Indonesia," komentar @.sagit.

"Orang-orang Turki kalau salat nggak ada yang sarungan," kata pemilik akun @auliya9391.

"Cepat banget bacaan (sholat) nya," ujar akun @13elea.

@usmankusumaa Kalian pasti kaget bangetkan ngeliat solat terawehnya secepet itu, sama gua juga woy sampe gak sempet napas deh kayaknya gua (ig@usmankusumaa) #ramadhan2023 #turki #usmankusumaa Ramadhan Tiba - Opick