Brilio.net - Semua mahasiswa pasti nggak asing lagi sama yang namanya skripsi. Karya tulis ilmiah yang menjadi syarat terakhir dalam menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana itu kerap dianggap sebagai momok. Untuk menyelesaikannya butuh waktu dan tenaga yang tak sedikit.

Bayangin aja, mahasiswa yang sebelumnya cuma mengerjakan tugas nggak lebih dari belasan halaman tiba-tiba disuruh bikin karya ilmiah yang sangat panjang. Beberapa skripsi, misalnya, mencapai hampir ratusan halaman atau bahkan lebih. Melihat jumlah halamannya aja pasti sudah pusing duluan.

Nah, tapi tak banyak orang yang tahu bahwa skripsi pun juga ada yang sangat pendek, sependek tugas makalah mahasiswa semester 1. Hal tersebut diperlihatkan akun TikTok @syah_aries melalui videonya. Di videonya itu, pengunggah memamerkan skripsinya yang tebalnya cuma 10 halaman.

Skripsi cuma 10 halaman © TikTok

foto: TikTok/@syah_aries

Sontak, skripsinya yang cuma 10 halaman itu bikin heboh netizen. Tak sedikit warganet yang meremehkan skripsi tersebut. Ada yang menyebut skripsi seperti itu bisa dikerjakan dalam waktu sehari. Bahkan, ada yang menyebut pengunggah membayar dosen demi lulus bermodal skripsi 10 halaman.

Mendengar komentar itu, pengunggah pun menceritakan alasan di balik jumlah halaman skripsinya yang sangat sedikit itu. Singkatnya, universitasnya tak lagi mewajibkan mahasiswa mengerjakan skripsi dalam arti yang konvensional sebagai tugas akhir.