Brilio.net - Dalam kehidupan modern, listrik merupakan salah satu sumber energi sekaligus kebutuhan penting bagi masyarakat. Energi ini telah dimanfaatkan sejak dahulu untuk dikonversi ke berbagai tenaga seperti cahaya, panas, dan gerak.

Hasilnya, listrik menunjang berbagai sektor dalam kehidupan manusia. Mulai dari menghidupkan lampu, kompor, penanak nasi, hingga pompa air.

Khususnya untuk sumber penerangan, listrik akan berguna memberikan pencahayaan di malam hari sehingga bisa mempermudah kegiatan tiap masyarakat ketika matahari terbenam.

Namun siapa sangka, di era modern yang sudah sangat canggih seperti saat ini, ternyata di Indonesia masih ada salah satu kawasan yang tidak dialiri listrik.

kampung terpencil tanpa listrik YouTube

foto: YouTube/Jejak Richard

Terletak di Jawa Timur, warga di kawasan ini menggunakan cara tradisional untuk sumber penerangan pada malam hari. Kehidupan tanpa listrik ini terjadi di Alas Kayu Putih Sukun, Ponorogo, Jawa Timur. Dilansir brilio.net dari video di kanal YouTube Jejak Richard, Rabu (3/4), kampung ini sama sekali tak dialiri listrik PLN.