Brilio.net - Merawat tanaman lidah mertua jadi hobi banyak orang. Nggak sekadar melepaskan stres, merawat lidah mertua juga jadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan. Perlu kamu ketahui, tanaman hias ini menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh. Mulai dari menyegarkan udara, menyerap polusi, sampai dengan menyerap radiasi elektronik yang ada di sekitarmu. Dengan kemampuan beradaptasinya yang baik, tanaman lidah mertua pun semakin mudah untuk dirawat.

Kalau kamu tertarik merawat lidah mertua, jenis cylindrical menjadi salah satu yang perlu kamu lirik. Berasal dari Angola, lidah mertua cylindrical juga disebut dengan julukan tanaman Tombak Afrika Silinder.

Lidah mertua cylindrical memiliki keunggulan yang menarik pada tampilannya. Dengan bentuk yang gemuk dan cenderung pendek, membuat jenis ini mudah dikenali.

Lidah mertua akan lebih menarik ketika diletakkan pada pot yang berukuran kecil. Namun sebelum itu, kamu perlu memperhatikan pemberian air sampai dengan pencahayaan mataharinya.

Nah, seperti apa cara merawat lidah mertua cylindrical yang tepat? Simak selengkapnya dalam ulasan Brilio.net dari plantcaretoday.com dan berbagai sumber pada Kamis (4/3) berikut ini.

Loading...

Cara merawat lidah mertua cylindrical.

1. Pencahayaan.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@hilltopgardenscolorado

Selain dari tampilannya, lidah mertua cylindrical juga menarik untuk dirawat karena bisa bertahan di area outdoor maupun indoor. Sehingga untuk kamu yang nggak memiliki lahan terbuka untuk menanam lidah mertua, nggak perlu khawatir.

Saat merawat lidah mertua cylindrical di area indoor, letakkan di tempat dengan cahaya terang dan teduh. Kamu bisa meletakkan di jendela bertirai tipis agar sinar matahari dapat tersaring saat menuju tanaman. Dengan kata lain, tanamanmu tidak mendapat paparan sinar matahari secara langsung.

Sebenarnya, lidah mertua cylindrical dapat bertahan hidup pada area yang minim pencahayaan. Akan tetapi hal ini akan berdampak pada warna daunnya yang kurang cerah dan tidak akan berbunga dengan baik. Sedangkan, untuk kamu yang ingin merawat lidah mertua cylindrical di area outdoor, letakkan tanaman ini pada area yang teduh. Cara ini akan membuat lidah mertua cylindrical tumbuh dengan lebih baik.

2. Suhu.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@knotyourpot

Untuk keperluan suhu, lidah mertua cylindrical memiliki suhu ideal antara 65° hingga 80°derajat Fahrenheit. Selain itu hindari suhu di bawah 50°derajat Fahrenheit agar lidah mertua cylindrical tetap bisa bertahan dengan baik.

Perlu kamu ketahui, lidah mertua cylindrical juga dapat bertahan baik dengan udara yang kering, namun jika berlebihan tentu akan merusak kesehatannya.

3. Pemberian air.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@minimalgarden_

Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam merawat tanaman lidah mertua cylindrical adalah untuk urusan pemberian air. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanaman ini sebenarnya tahan dengan udara yang kering, sehingga tidak membutuhkan air dalam takaran banyak. Sehingga kamu perlu menyiram lidah mertua cylindrical secara menyeluruh. Lalu biarkan hingga kondisi dalam potnya hampir mengering sebelum disiram kembali.

Penyiraman seminggu sekali saja sudah cukup. Pasalnya, penyiraman yang berlebihan akan membuat tanaman terendam air dan mengakibatkan pembusukan pada akar. Selain itu efek yang bisa terlihat adalah kondisi daun berhenti tumbuh dan berubah menguning.

4. Pemupukan.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@dgreen_creations

Kamu juga nggak akan dibuat repot saat pemberian pupuk pada lidah mertua cylindrical. Seperti halnya dengan pemberian air, tanaman ini tidak membutuhkan banyak pemberian pupuk. Maka dari itu, kamu cukup aplikasikan pupuk cair sebulan sekali (kekuatan setengah) selama musim tanam. Perlu diingat, tanaman ini tidak perlu diberi makan selama musim dingin.

5. Kondisi tanah.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@ericarelford

Tanah dapat menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan tanaman. Tapi kamu jangan bingung dalam menentukan tanah untuk lidah mertua cylindrical. Tanah berpasir atau tanah kaktus jadi pilihan yang baik untuk jenis tanaman hias ini.

6. Repotting.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@moonshineana

Proses repotting atau pemindahan tanaman ke pot baru tidak perlu dilakukan sering-sering. Kamu bisa melakukannya dengan cara membelah saat kondisinya sudah terlalu padat.

Sebagai tanaman yang mudah beradaptasi, lidah mertua cylindrical tidak perlu mendapatkan tindakan repotting selama bertahun-tahun. Karena tanaman ini bisa bertahan dengan kondisi yang sempit. Namun secara umum, biasanya repotting pada tanaman hias dilakukan setiap 2-3 tahun sekali.

Cara memperbanyak lidah mertua cylindrical.

Cara merawat lidah mertua cylindrical © Instagram

foto: Instagram/@moonshineana

1. Kamu bisa memperbanyak lidah mertua cylindrical melalui stek atau pembagian daun. Ketika memilih dengan cara pembagian, tunggu sampai daun setidaknya memiliki panjang 6 inci.

2. Ambil pisau tajam dan keluarkan roset basal tandan daun dari akarnya.

3. Singkirkan tanah dari pot lama, dan tanam langsung ke dalam pot baru.

4. Jika menggunakan pemotongan daun tunggal, pastikan ukurannya antara 3 inci - 4 inci dan ditanam tegak untuk memastikan pertumbuhan yang tepat.

5. Tanam dengan memasukkan stek ke dalam tanah pot dan simpan di tempat yang terang.

6. Jaga agar tanah tetap dalam kondisi lembap dan tunggu tanaman berakar. Perlu diingat, tahap ini bisa memakan waktu cukup lama.