Brilio.net - Rambut jadi bagian tubuh yang kerap mendapatkan perhatian khusus. Dengan mudah terlihat, membuat banyak orang memberikan vitamin dan perawatan tersendiri untuk menjaga keindahannya.

Nggak hanya untuk kaum hawa, produk perawatan rambut untuk kaum adam pun juga sudah banyak tersedia di pasaran. Shampo, conditioner, hair tonic, sampai dengan masker rambut ditawarkan dengan berbagai merek. Kehadirannya pun akan membuatmu semakin tergoda untuk merasakan manfaat yang diberikan.

Begitu juga dengan produk penyubur rambut, beragam kandungan nutrisi penting diberikan dalam produk perawatan rambut. Namun kamu sebenarnya juga bisa lho membuat rambut menjadi subur dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Beberapa tanaman memberikan manfaat baik yang dapat merangsang pertumbuhan rambutmu. Selain mudah ditemukan, kandungan alami pada beberapa tanaman akan menyehatkan rambutmu.

Nah, ada apa saja, ya? Simak yuk selengkapnya dalam ulasan Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (2/3).

Loading...

1. Lidah buaya.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: freepik.com

Buka rahasia lagi kalau tanaman lidah buaya baik untuk perawatan rambut. Kandungan di dalamnya dapat menjaga kesehatan rambut sampai dengan menyuburkannya. Untuk menggunakannya juga mudah, ambil gel yang ada pada daun lidah buaya. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih.

Untuk hasil maksimal, lakukan malam hari sebelum tidur dan bersihkan pada keesokan harinya. Lidah buaya bisa kamu temukan dengan mudah di pasar ataupun supermarket, tapi kamu juga bisa lho menanamnya sendiri di halaman rumah.

2. Daun teh hijau.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: pixabay.com

Tanaman berikutnya ada daun teh hijau. Sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan kandungan teh hijau untuk merawat wajah, begitu juga dengan rambut. Pasalnya nutrisi yang terkandung di dalam teh hijau memberikan manfaat untuk menyuburkan dan juga menguatkan akar rambut.

Untuk merasakan efek baiknya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyeduh teh hijau dengan sedikit air panas, diamkan hingga dingin kemudian oleskan secara merata ke rambut. Tutup rambut dengan handuk dan diamkan kira-kira 30 menit. Bilas dengan air bersih.

3. Seledri.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: pixabay.com

Seledri selama ini mungkin lebih kerap dimanfaatkan sebagai bahan dapur saja. Aromanya yang khas membuat kelezatan makanan semakin meningkat. Eits jangan salah, tanaman ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyuburkan rambut lho. Seledri mengandung kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B di dalamnya. Kandungan itulah yang dapat memberikan dampak menstimulasi pertumbuhan rambut agar sehat, kuat dan berkilau.

Untuk menggunakannya, cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan dibuang akarnya. Lalu aplikasikan seperti menggunakan masker rambut selama 30 menit. Lakukan sembari dipijat lembut dan bilas dengan bersih. Kamu dapat mengulangi cara ini selama 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Bawang merah.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: pixabay.com

Ada juga bawang merah. Rasanya nggak lengkap ketika makanan tanpa menggunakan campuran bawang merah. Tapi mulai sekarang kamu perlu menambah stok bawang ini di rumah. Karena kamu bisa sekaligus merasakan manfaat baiknya pada rambut.

Bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Bahkan bawang juga memiliki antibakteri yang membantu mengobati kebotakan. Nggak perlu repot dalam mengolahnya, cukup haluskan satu siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Daun bunga rosemary.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: pixabay.com

Untuk menyuburkan rambut, kamu juga bisa menggunakan daun bungan rosemary. Kamu harus tahu bahwa rosemary memiliki sifat antiseptik kuat yang dapat membantu mengobati ketombe dan infeksi, yang semuanya bisa menimbulkan risiko pada kerontokan rambut.

Nah, kamu bisa mengoleskan minyak rosemary pada rambut, karena mengandung antibakteri dan antioksidan yang unggul sehingga membuat rambutmu cepat tumbuh kembali.

Cara praktis lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyeduh bunga rosemary menjadi minuman. Cara ini memberikan manfaat untuk membantu mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa membantu mengatasi kerontokan akibat sirkulasi darah yang tidak lancar di bagian kulit kepala.

6. Daun ketumbar.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: freepik.com

Daun ketumbar bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk menyuburkan rambut. Selain alami, pilihan ini juga mudah untuk diaplikasikan. Haluskan daun ketumbar dengan blender, tambahkan sedikit air hingga kental. Kemudian bilas jus tersebut ke kepala dan rambut secara merata. Jangan lupa lakukan sembari dipijat secara perlahan. Kemudian diamkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih.

7. Lidah mertua.

Tanaman penyubur rambut © Instagram

foto: Instagram/@plantepiken

Lidah mertua menjadi pilihan selanjutnya. Tanaman hias ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya pada rambut. Seperti halnya pada lidah buaya, gel pada lidah mertua dipercaya banyak orang bisa menyuburkan rambut.

Di samping itu, merawat lidah mertua juga bisa menjaga kualitas udara di sekitarmu menjadi lebih segar. Pasalnya tanaman ini dapat menyerap karbon monoksida dalam jumlah banyak serta menyaring racun lain dari udara seperti benzene, xilena, trichloroethylene, dan formaldehyde.