Rumah satu ini justru nggak memiliki akses semacam tangga yang menghubungkan teras rumah dan bagian pintu. Perbedaan tersebut disebabkan antara ketinggian rumah dan halamannya yang sangat kontras. Rumah tersebut, kira-kira satu meter lebih rendah daripada halaman depannya.

Tak hanya itu, tak ada penghubung semacam tangga antara rumah dan halaman depannya itu. Hanya ada semacam satu anak tangga kayu yang berada di depan pintu rumah, yang bisa dijadikan pijakan saat seseorang pengin keluar masuk rumah.

Penampakan bagian depan rumah membingungkan © TikTok

foto: TikTok/@puputadilah04

Perbedaan ketinggian rumah tersebut tentu berdampak pada penampakan bagian depan rumah. Saat dilihat dari depan, rumah tersebut terlihat seperti terpendam di bawah tanah. Orang yang lihat pun mungkin ikut bingung bagaimana akses keluar masuknya.

Maka dari itu, penting sekali buat pemilik rumah mempertimbangkan aksesibilitas saat mendesain bagian depan rumah. Rumah yang penampakan depannya terlihat unik saja tidak cukup. Harus ada pertimbangan perihal kemudahan penghuni atau tamu untuk mengaksesnya.

Penampakan bagian depan rumah membingungkan © TikTok

foto: TikTok/@puputadilah04

Alhasil, video yang diunggah @puputadilah04 tersebut viral di TikTok. Video tersebut telah ditonton 1,1 juta kali, disukai 11,1 ribu kali, dan dikomentari 331 kali. Beberapa komentarnya tertulis sebagaimana berikut.

Konsep rumahnya emang down to earth kak," ujar akun @prinsa_world.

Mau konsep rumah bawah tanah mungkin tapi gak jadi," tulis akun @___faizal.

The real ga usah naik tangga untuk menggapai atap," komentar akun @susiapriliani6.

 

@puputadilah04

 

Gwenchana ku menahan rasa sakit - Shanoon music